Hyundai Grand Creta ‘Alcazar’ Hadir di Afrika Selatan

RiderTua.com – Hyundai Grand Creta diketahui sudah mulai disediakan di Meksiko dan Afrika Selatan. Mobil SUV ini hadir sebagai SUV 7-seater, tak seperti Creta yang berupa SUV 5-seater. Walau sebenarnya Hyundai Grand Creta yang dijual disana merupakan Alcazar dari India. Alcazar pertama kali dirilis di Negeri Bollywood pada tahun lalu.

Baca juga: Hyundai Siap Rilis Ioniq 5 di IIMS 2022

Hyundai Grand Creta Ternyata Nama Lainnya Alcazar

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Grand Creta (atau Creta Grand) sebenarnya adalah nama lain untuk Alcazar. Model ini pertama kali diluncurkan di India pada bulan April 2021 lalu sebagai varian lainnya dari Creta. Meski terlihat identik dengan Creta, tapi dari desainnya sudah sedikit berbeda.

Desain lampu depannya masih begitu mirip dengan Creta di India (bukan Creta versi Asia Tenggara), walau grille-nya dibuat berbeda agar lebih mudah membedakannya. Selain itu, Alcazar merupakan SUV long wheelbase, sehingga mobil ini memiliki ruang kabin yang lebih besar dan lebih lega. Jadi tak heran kenapa Alcazar menjadi SUV 7-seater.

(OtoDriver)

SUV 7-Seater

Sebenarnya tak ada banyak perbedaan yang ada pada Grand Creta dengan Alcazar, sebab model ini didatangkan dari India. Baik dari tampilan luar dan dalam mobil tak begitu banyak berubah. Begitupun dengan fiturnya, dengan konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto sampai kamera mundur dan enam mode berkendara tersedia pada sejumlah varian.

Ada dua pilihan mesin yang disediakan, yaitu mesin bensin 2.000 cc empat silinder dan mesin turbo diesel 1.500 cc 4 silinder. Untuk mesin bensinnya mampu menghasilkan tenaga sebesar 159 ps dan torsi 191 Nm. Sedangkan untuk mesin diesel-nya bertenaga 115 ps dan torsi 250 Nm. Tenaganya lebih kecil, tapi torsinya jauh lebih besar ketimbang mesin bensin.

Di Afrika Selatan, Grand Creta dijual dengan harga Rp 443,5 juta untuk tipe Executive dan Rp 552 juta untuk tipe Elite. Kalau saja Hyundai mau menghadirkan model ini di Indonesia sebagai Alcazar, maka model tersebut bisa menjadi rival yang setara bagi Rush-Terios. Jelas karena ketiganya sama-sama berupa SUV 7-seater.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives