MotoGP 2023: Yamaha Kontrak Fabio Quartararo dan Toprak Razgatlioglu?

RiderTua.com – Yamaha untuk musim MotoGP 2023 bisa mengontrak dua pembalap terbaik sekaligus dengan juara MotoGP Fabio Quartararo dan SBK Toprak Razgatlioglu… Tim Jepang itu sedang mempertimbangkan Juara Dunia Superbike Toprak Razgatlioglu sebagai kandidat pengganti jika Quartararo lepas. Tapi pembalap Turki itu juga bisa ditempatkan di tim WithU dengan kontrak pabrikan jika Quartararo tetap di Yamaha. Tim Garputala itu kembali menunjukkan daya saingnya yang kuat dengan menempati posisi ke-2 melalui Fabio Quartararo di GP Indonesia. Bos Yamaha Lin Jarvis ingin memperpanjang kontrak dengan juara dunia 2021 itu dan juga menawarkan tempat kepada Toprak Razgatlioglu (namun di tim satelit). Tahun ini sejatinya Yamaha ingin menempatkan pembalap bintang seperti Raul Fernandez, Toprak Razgatlioglu dan Marco Bezzecchi di tim satelit Yamaha, namun belum terwujud..

MotoGP 2023: Yamaha dengan Fabio Quartararo dan Toprak?

Setelah GP Qatar yang mengecewakan, Yamaha Motor Racing membawa tiga pembalapnya meraih poin di GP Indonesia pada hari Minggu dengan Fabio Quartararo, Franco Morbidelli dan Darryn Binder masing-masing finis di urutan ke-2, ke-7 dan ke-10, sementara Andrea Dovizioso gagal setelah gangguan elektronik (Dasbor) dan menghentikan balapannya lebih awal.MotoGP 2023: Yamaha Kontrak Fabio Quartararo dan Toprak Razgatlioglu?

Lin Jarvis, bos Yamaha Racing merasa lega dengan hasil ini, karena Yamaha masih membutuhkan beberapa keberhasilan dalam beberapa minggu ke depan untuk dapat membujuk juara dunia Fabio Quartararo dengan kontrak baru. Pembalap Prancis itu juga diincar oleh tim rival, seperti Honda jika pemulihan Marc Marquez berlarut-larut..

Selain itu, Yamaha tidak menemukan pasangan pembalap yang ‘diinginkan’ di tim satelit WithU-RNF milik Razlan Razali dengan Dovizioso dan jebolan Moto3 Darryn Binder setelah bintang-bintang seperti Raul Fernandez, Toprak Razgatlioglu dan Marco Bezzecchi batal direkrut untuk tahun 2022.

Untuk tahun 2023, Yamaha Motor Racing hanya mengontrak Morbidelli sejauh ini, “Fabio tahu paket yang dia miliki bersama kami untuk musim mendatang. Yang sangat menarik baginya sekarang adalah paket yang akan dia dapatkan dari Yamaha untuk tahun 2023 dan 2024. Saya pikir kami perlu waktu. Kami sekarang telah menghilangkan sebagian tekanan dan tidak lagi menggunakan tekanan waktu. Karena kami memahami Fabio perlu mendapatkan kembali kepercayaan diri pada Yamaha dan merasa nyaman dengan dirinya sendiri. Kemudian dia akan terus membalap untuk kami di masa depan,” kata Lin Jarvis dalam sebuah wawancara dengan media Jerman..

Toprak Razgatlioglu di Tim Satelit

Bagaimanapun, Yamaha sedang mempertimbangkan Juara Dunia Superbike Toprak Razgatlioglu sebagai kandidat pengganti. Tapi dia juga bisa ditempatkan di tim WithU dengan kontrak pabrikan seperti Morbidelli dan Quartararo dari pindah ke tim pabrik Monster.

Yamaha saat ini memimpin peringkat Rookie of the Year bersama Binder. Tapi dia jelas perlu diuji dalam balapan kering. Lebih banyak yang diharapkan dari Dovizioso, sebelum musim bahkan ada target podium untuk tim WithU.

Toprak Razgatlioglu
Toprak Razgatlioglu

Lin Jarvis tidak ingin menyebutkan calon pembalap baru untuk tahun 2023 untuk saat ini. “Tentu saja ada beberapa pembalap kuat yang tersedia.. Beberapa dari mereka telah menyatakan minatnya pada perubahan di masa lalu.. Kami akan memeriksa seperti apa situasi kontrak mereka saat ini. Dan kami pasti harus mengklarifikasi apakah Toprak ingin pergi ke MotoGP dan apakah dia juga tertarik jika kami tidak memiliki tempat di tim pabrikan. Kita bisa menempatkan dia di tim RNF dengan kontrak pabrikan. Banyak kombinasi berbeda yang mungkin. Tapi pertama-tama kami harus memperpanjang kontrak dengan tim balap RNF, yang sejauh ini hanya berlaku untuk musim saat ini. Kami ingin memperpanjang kontrak ini hingga akhir Juni. Itu adalah prioritas.”

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives