Yamaha Kembali Membawa Velg Krom, untuk Apa?

RiderTua.com – Pada dua pekan pertama MotoGP 2022, Yamaha memasang velg krom pada motor Yamaha M1 milik Fabio Quartararo dan  Franco Morbidelli. Keunggulan inovasi terbaru dari Markas Iwata. Yamaha tidak dapat melanjutkan pekerjaan evolusi pada mesin YZR-M1 hingga akhir musim MotoGP 2022. Kelemahan top speed, yang dikritik beberapa kali oleh Fabio Quartararo dalam beberapa bulan terakhir, akan tetapi ada bagian yang harus ditingkatkan pada poin-poin kuat lainnya. Insinyur Yamaha di Losail maupun di GP Mandalika kembali membawa pelek berlapis krom, untuk Apa?.

Yamaha Kembali Membawa Velg Krom, untuk Apa?

Di MotoGP, bahkan hal kecil dapat membuat perbedaan dan kombinasi dari cara yang terlihat sepele namun mampu membuat perbedaan. Pelek krom tentu bukan mengejar faktor estetika untuk menyempurnakan desain. Tetapi mereka memiliki tujuan untuk membawa keuntungan dalam hal suhu yang diakumulasikan oleh roda. Motor Yamaha milik Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli dilengkapi dengan pelek “perak” itu, yang menjalani proses pelapisan krom dengan magnesium yang tidak dicat, untuk memungkinkan pemindahan panas yang lebih baik.

Hanya pelek bagian belakang Yamaha M1 yang dikrom. Lebih sedikit panas pada pelek berarti suhu yang lebih rendah di dalam ban dan di sekitar ban yang kemudian mampu mempertahankan tekanan ban, tanpa setingan apa pun. Mungkin bukan kebetulan bahwa selama akhir pekan MotoGP di Indonesia, M1 tidak melaporkan masalah dengan peningkatan tekanan ban (mungkin karena wet race). Namun dikatakan ada perubahan desain untuk meringankannya, meskipun sedikit, dengan keuntungan aerodinamis yang didapatkannya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives