Toyota Land Cruiser, SUV Premium yang Melegenda

RiderTua.com – Toyota Land Cruiser tentu sudah bukan menjadi nama mobil yang begitu asing bagi semua orang. Mobil SUV bongsor kelas premium ini sudah dikenal di seluruh dunia sebagai salah satu mobil Toyota yang legendaris. Bahkan Toyota Land Cruiser menjadi salah satu SUV tertua yang masih dijual sampai sekarang. Penjualannya bahkan sudah tembus 10 juta unit pada tahun 2019 lalu.

Baca juga: Toyota bZ4X Takkan Dijual di Jepang, Kok Bisa?

Toyota Land Cruiser Menjadi SUV Tertua yang Masih Dijual

Land Cruiser pertama kali dijual pada tahun 1951 sebagai model BJ yang mengandalkan mesin 3.386 cc 6 silinder. Mesin ini sangat bertenaga sampai-sampai model tersebut dites di Gunung Fuji hingga tingkat keenam dan menjadi mobil pertama yang melakukannya. Sejak saat itu, Toyota mengembangkannya menjadi SUV off-road yang tangguh.

Tahun 1955, Toyota mengenalkan model generasi kedua, ketiga, keempat, dan kelima  Land Cruiser dalam model J20, J30, J40, dan J50 hingga tahun 1980. Tapi dari keempat model ini, J40 menjadi model terlaris dengan 200 ribu unit terjual. Toyota ingin mengulangi kesuksesan Land Cruiser tanpa menghilangkan DNA off-road padanya.

Land Cruiser disuntik Mati
(Toyota)

SUV ‘Station Wagon’

Kemudian pada tahun 1981, Toyota menghadirkan lima generasi baru untuk Land Cruiser, yaitu J60, J70, J80, J90, dan J100. Sebenarnya mulai dari model J50, Toyota menghadirkan model Land Cruiser sebagai station wagon, tapi tetap menampakkan kesan gagah ala SUV. Toyota juga sudah mendesainnya lebih nyaman saat dikendarai dalam kondisi jalan apapun.

Di tahun 2007, Toyota meluncurkan J200 yang sempat menjadi model terbaru dari Land Cruiser ini. Sebelum tahun 2021, model ini hampir tak pernah mendapat perombakan ke model terbaru, bahkan selama lebih dari 10 tahun. Barulah di tahun 2021, Land Cruiser memasuki generasi anyar dalam model J300.

Land Cruiser J300 ini hanya tersedia di sejumlah negara termasuk Indonesia, sedangkan Amerika Serikat nggak kebagian karena model sebelumnya tak laku disana. Tapi tetap saja, Land Cruiser kini tampil dengan desain yang lebih gagah dan modern dari sebelumnya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives