Toyota Alphard-Vellfire Tak Catatkan Penjualan Wholesales Bulan Lalu?

RiderTua.com – Toyota Alphard-Vellfire menjadi duo MPV kelas premium yang diunggulkan merek mobil asal Jepang tersebut. Keduanya sama-sama dibekali dengan fitur melimpah serta tampilan yang begitu mewah dan berkelas. Namun entah mengapa Toyota Alphard-Vellfire tak mencatatkan penjualan wholesales di bulan Januari 2022 lalu. Padahal seharusnya kedua model ini sudah bisa terjual di pasar.

Baca juga: Toyota All New Voxy Resmi Dirilis di Indonesia!

Toyota Alphard-Vellfire Tak Terjual Secara Wholesales

Biasanya baik Alphard maupun Vellfire bisa tetap terjual di Indonesia, walaupun angka penjualannya cukup kecil. Memang karena model ini ditujukan ke segmen yang lebih premium, tak seperti segmen MPV lainnya. Namun jelas dari kualitasnya sudah jauh berbeda dari MPV Toyota lainnya seperti Voxy.

Namun rasanya agak janggal ketika melihat hasil penjualan wholesales Alphard-Vellfire di bulan Januari 2022. Keduanya tak mencatatkan hasil apapun atau nol unit yang dikirim dari pabrik ke dealer-nya. Padahal bulan Desember 2021 lalu saja, Alphard terjual sebanyak tujuh unit, dan di bulan November 2021 mencapai 174 unit.

(Toyota Astra Motor)

Ada Masalah?

Alphard dan Vellfire dikirim langsung dari Jepang, dan tentu ada masalah pada pengiriman maupun produksinya. Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan kalau penjualan wholesales kedua MPV ini kosong pada bulan lalu karena adanya krisis chip semi-konduktor. Akibatnya, pabrik yang menjadi tempat produksi Alphard dan Vellfire, serta Noah, Voxy, dan Esquire, ditutup untuk sementara waktu.

Walau demikian, perlahan produksi mobilnya sudah memulih, meskipun belum seaktif dulu. Tapi setidaknya ini bisa memulihkan distribusi unit mobil ke sejumlah negara termasuk Indonesia untuk beberapa bulan ke depan. Dengan begitu, penjualannya diharapkan bisa memulih secara bertahap dan bisa kembali pulih seperti dulu.

Untuk sekarang, TAM menjual unit yang sudah tersedia di dealer. Mereka akan terus melayani konsumen walau dalam kondisi yang tak menentu seperti sekarang.

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives