Categories: MotoGP

Pengamat: Motor MotoGP Saat Ini ‘Terlalu Mudah’ Dikendarai

RiderTua.com – Pengamat: Motor MotoGP saat ini ‘Terlalu Mudah’ untuk dikendarai.. Pada Tes Pramusim ini motor-motor semakin cepat.. jaraknya juga sangat berdekatan, tetapi mengapa pembalapnya yang cepat itu-itu saja? Ini adalah pertanyaan yang banyak dilontarkan. Banyak pengamat percaya bahwa, motor MotoGP saat ini ‘terlalu mudah’ dikendarai, berkat variabel teknis yang terbatas dan teknologi modern. Oleh karena itu, para pembalap pemula yang kuat dapat dengan cepat menggeser pembalap berpengalaman. Jalannya balapan di tahun 2022 akan semakin seru, lantaran Aprilia membuat kemajuan yang signifikan dan Honda juga meningkat secara signifikan setelah mengalami 2 tahun yang sulit.

Pengamat: Motor MotoGP Saat Ini ‘Terlalu Mudah’ Dikendarai

Perburuan waktu di Sepang harus terhenti lantaran hujan deras, setengah jam menjelang tes berakhir. Rencana para pembalap yang telah menjadwalkan ‘time attack’ di sore hari, gagal sudah. Secara mengejutkan, Enea Bastianini berhasil membukukan rekor lap tercepat tidak resmi dengan 1: 58.131 detik. Untuk diketahui, rekor resmi sepanjang masa lap tercepat Sepang dipegang oleh Fabio Quartararo dengan 1:58.303 menit pada tahun 2019.

Tentu, Juara Dunia Moto2 2020 itu telah membuktikan bakatnya di atas motor MotoGP dengan dua podium di musim rookienya, meski hanya menunggangi Desmo GP19 lama di tim satelit Avintia tahun lalu. Tahun ini rider berusia 24 tahun itu juga belum dibekali motor pabrikan dari Borgo Panigale terbaru. Di Gresini Racing, Enea menunggangi motor GP21 dari tahun lalu, meskipun dengan sedikit pembaruan.

Namun, fakta ini dapat dilihat sebagai keuntungan di awal tes. GP21 sudah terbukti mumpuni dan sepenuhnya matang, sementara prototipe 2022 masih harus menemukan set-up yang tepat. Pembalap di tim pabrikan Ducati masih sibuk mengadaptasi elektronik ke mesin baru yang lebih baik.

Tapi angka memang memiliki arti. Sangat mencolok betapa dekat gap antar pembalap. Di Sepang, 6 rider teratas semuanya berada di bawah waktu terbaik sepanjang masa 2019. 13 teratas berada dalam waktu hanya 0,5 detik di atas lintasan sepanjang 5.543 km itu. 21 pembalap menyelesaikan tes Mandalika selama 3 hari hanya dalam 0,855 detik!

Tren di kelas MotoGP telah menuju kepadatan power yang luar biasa untuk waktu yang lama. Konsekuensi alami dari regulasi yang tidak hanya mengatur ban standar dan ECU standar, tetapi juga membatasi jumlah dan lubang silinder. Tak heran jika performa motor mirip hampir tidak berbeda. Dalam banyak hal penting mereka semua identik.

Jalannya balapan di tahun 2022 akan semakin seru, lantaran Aprilia membuat kemajuan yang signifikan dan Honda juga meningkat secara signifikan setelah mengalami 2 tahun yang sulit.

Mudah Dikendarai

Motornya sangat berdekatan, tetapi mengapa pembalapnya sama? Ini adalah pertanyaan yang banyak dilontarkan. Banyak pengamat percaya bahwa, motor MotoGP saat ini ‘terlalu mudah’ dikendarai, berkat variabel teknis yang terbatas dan teknologi modern. Oleh karena itu, para pembalap pemula yang kuat dapat dengan cepat menggeser pembalap berpengalaman.

Inilah perkembangannya. Mungkin kita semua harus bersyukur bahwa mesin MotoGP belum memiliki perangkat lunak yang secara otomatis melacak atau mengerem secara otomatis untuk memastikan jarak yang aman antar motor.

Paradoksnya adalah, sementara motor MotoGP yang lebih mudah dijinakkan mengurangi ‘kekejaman brutal’ di masa lalu, balapan duel jarak dekat justru membawa serta bahaya lain yang secara tragis terbukti (di kelas-kelas kecil pada khususnya).

Bagi para penggemar, MotoGP hari ini adalah keseruan. Bahkan ketika catatan waktu sangat dekat, nama yang sama cenderung berada di 3 teratas. Dari sudut pandang ini, favorit untuk meraih gelar musim mendatang cukup jelas yakni Pecco Bagnaia, Quartararo, Marc Marquez dan Joan Mir (mungkin Martin dan Miller?).

Apakah 4 rival terpanas tersebut memiliki alasan untuk khawatir mengingat posisi saat tes mereka? Tidak semuanya. Melihat jarak sudah cukup untuk ini. Pembalap lain harus mampu mengalahkan mereka terutama Marquez. Kembali setelah istirahat lebih dari 3 bulan, Marc langsung menggeber Honda RC213V yang sepenuhnya sudah direvisi, yang jauh dari penyetelan sempurna. Meskipun kekurangan dalam persiapan fisiknya. Dan itu baru saja dimulai.

Siapa pun yang berniat merebut mahkota MotoGP pada 2022 harus mengalahkan Marc Marquez terlebih dahulu.

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Replika Yamaha YZF-R1 Jonathan Rea Dijual Sangat Terbatas!

RiderTua.com - Replika motor balap Jonathan Rea Replica YZF-R1 di WSBK yang mengambil basis dari model standarnya, terinspirasi dari tim…

20 April 2024

Komentar Gigi Dall’Igna Atas Penampilan Marc Marquez, Bastianini, Pecco dan Martin di Texas

RiderTua.com - Meski Marc Marquez mengalami crash saat memimpin GP Amerika, General Manager Ducati Corse Gigi Dall'Igna memuji kecemerlangannya. Pembalap…

20 April 2024

Hasil FP2 WSBK Belanda 2024 : Hujan, Bautista Tercepat!

RiderTua.com, TT Circuit Assen - Hasil FP2 WSBK Belanda 2024 ..Jumat, 19 April 2024, Dalam sesi FP2 WSBK Belanda yang…

19 April 2024

Stefan Bradl : Ketika Marc Marquez Jatuh, Acosta Pasti Tersenyum

RiderTua.com - Stefan Bradl dan Marc Marquez bekerja bersama untuk Honda selama bertahun-tahun. Setelah Baby Alien pindah ke tim satelit…

19 April 2024

Hasil FP1 WSBK Belanda 2024

RiderTua.com, TT Circuit Assen - Hasil FP1 WSBK Belanda 2024 ..Jumat (19/4/2024), Pembalap ROKiT - Motorrad , Toprak Razgatlioglu menjadi…

19 April 2024

Suzuki Pastikan Jimny 3-Door di Indonesia Aman Dari Recall

RiderTua.com - Suzuki sempat melakukan penarikan terhadap Jimny 3-door di Australia beberapa bulan lalu. Belum lagi dengan adanya recall dua…

19 April 2024