Categories: MotoGP

Day 1 Tes Shakedown Sepang: 3 KTM Masuk Lima Besar

RiderTua.com – Tes Sepang hari-1: Meskipun baru permulaan, tiga pembalap KTM masuk lima besar… Dua pembalap Tech3 KTM, Raul Fernandez dan Remy Gardner bersinar di tes Sepang hari pertama. Masing-masing menempati posisi ke 1 dan ke-5. Sejauh ini, tim Tech3 tak pernah sesukses ini di tes shakedown MotoGP di Sepang. Tak hanya itu, tes rider KTM Mika Kallio juga tampil cemerlang dengan menyelesaikan tes di posisi ke-3. Selain itu, tim Tech3 belum pernah memenangkan etape di reli Dakar sebelum tahun 2022. Tapi berkat Danilo Petrucci, mereka menang di ajang reli lintas alam paling bergengsi ini.

Tes Sepang Hari 1: Tiga Pembalap KTM Masuk Lima Besar

Pada hari pertama tes shakedown, Raul Fernandez mencatatkan waktu tercepat 2:00.898 menit. Runner-up Moto2 itu sekali lagi menunjukkan bakatnya dalam membalap. Di Kejuaraan Dunia Moto2 pada tahun 2021, dia bertarung sengit melawan rekan setimnya sendiri Remy Gardner dalam perebutan gelar. Tapi sayang, meskipun memenangkan 8 balapan sebagai rookie Moto2 (lebih banyak dari pencapaian Marc Marquez di musim debutnya di Moto2 pada tahun 2011), dia harus legowo kalah dari rider asal Australia itu.

Raul dan Remy tidak pernah fokus mengejar catatan waktu di hari pertama di Sirkuit Sepang. Mereka menyelesaikan pekerjaan hari itu pada pukul 16:30 (waktu setempat), 1,5 jam sebelum tes resmi berakhir, mengetahui betul bahwa waktu terbaik biasanya ditetapkan dalam 30 menit terakhir ketika panas mereda, jika ini tidak memungkinkan sekitar setelah jam 10 pagi.

Namun, dua rider Tech3 itu ingin menyimpan energi mereka untuk tes 2 hari ke depan. Karena panas dan kelembapan di negara yang berada di Asia Tenggara menuntut segalanya dari para pembalap.

Setidaknya Fernandez tetap berada di belakang tes rider Ducati Michele Pirro, yang memulai musim ke-10 nya sebagai penguji Desmosedici.

Red Bull KTM juga senang dengan catatan waktu terbaik ke-3 dari tes rider Mika Kallio. Sementara Remy Gardner membuat kesan positif dengan tempat ke-5 dan menjadikannya rookie tercepat kedua. Jadi ada tiga KTM di lima besar setelah hari pertama, meski sejauh ini Sepang menjadi trek terbaik untuk KTM RC16.

Herve menjelaskan, “Kami tidak hanya cepat, kami juga konsisten, dan itulah yang sedang kami kerjakan. Saya senang dengan cara tim dan pembalap bekerja hari ini. Waktu terbaik datang sebagai bonus sambutan seperti ceri di atas kue.”

Bagaimanapun, Raul Fernandez dan Remy Gardner kembali bertemu dalam 2,5 bulan setelah tes Jerez pada 18-19 November. Mereka berdua dengan cepat menemukan ‘jalan kembali’ di KTM RC16 di Jerez pada bulan November lalu.

“Kami ingin menggunakan 3 hari tes pertama hingga Rabu ini semaksimal mungkin untuk mempersiapkan tes IRTA di akhir pekan, ketika Remy dan Raul bertemu dengan 22 pembalap reguler lainnya,” imbuh Poncharal.

Hasil Tes Shakedown Hari Pertama (Final)

No. Rider Team (motor) Waktu
1 Raul Fernandez KTM Tech3 (RC16) 2:00.898
2 Michele Pirro Ducati Test Rider (GP) +0.144
3 Mika Kallio KTM Test Rider (RC16) +0.352
4 Lorenzo Savadori Aprilia Test Rider (RS-GP) +0.778
5 Remy Gardner KTM Tech3 (RC16) +0.954
6 Marco Bezzecchi Mooney VR46 Ducati (GP) +1.114
7 Darryn Binder WithU Yamaha RNF (YZR-M1) +1.248
8 Sylvain Guintoli Suzuki Test Rider (GSX-RR) +1.283
9 Fabio Di Giannantonio Gresini Ducati (GP) +1.698
10 Yamaha Test2 Yamaha Test Rider (YZR-M1) +2.544
11 Yamaha Test1 Yamaha Test Rider (YZR-M1) +2.718

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Mini Aceman Resmi Dirilis, Crossover Listrik yang Tampil Menarik

RiderTua.com - Mini memang dikenal dengan sejumlah produknya yang memiliki kualitas tinggi. Termasuk mobil listrik pertamanya yang dirilis beberapa tahun…

26 April 2024

Mitsubishi Hadirkan Penyegaran Untuk ASX di Eropa

RiderTua.com - Mitsubishi memiliki beberapa mobil SUV yang dijualnya di pasar global. Salah satunya ASX, yang sebenarnya merupakan versi Eropa…

26 April 2024

Fabio Quartararo : Calon Tim Satelit Yamaha Harus Diperlakukan Seperti Tim Pabrikan

RiderTua.com - Ketika berbicara tentang sirkuit Jerez, Fabio Quartararo teringat kembali kesuksesannya di masa lalu. Dalam 4 tahun terakhir, rider…

26 April 2024

Peluang Citroen Mengekspor Mobil Rakitan Lokal

RiderTua.com - Citroen telah memastikan akan memulai produksi mobilnya di Indonesia pada Juli mendatang. Model yang akan dirakitnya untuk pertama…

26 April 2024

Marc Marquez : Ternyata Aku Masih Cukup Cepat!

RiderTua.com - Bagaimana jika Marc Marquez tetap melanjutkan dengan Honda?.. 'Saya bisa patah semangat ' katanya... Marc Marquez dipindahkan dari…

26 April 2024

Kolaborasi Yamaha dengan FILA, Luncurkan Fazzio Edisi Spesial

RiderTua.com - Salah satu skutik Yamaha yang berkolaborasi dengan FILA yakni sebuah brand fashion terkenal, menghasilkan edisi spesial dari Fazzio…

25 April 2024