Renault Bergabung ke Aliansi Geely, Siap Kembangkan Mobil Baru!

RiderTua.com – Meski tak terlalu terkenal di pasar global, tapi Geely dikenal karena menggandeng produsen mobil ternama. Sebut saja Mercedes-Benz, Lotus, Proton, sampai Volvo sudah bekerja sama dengan mereka. Kini Geely menggandeng Renault untuk diajak kerja sama selanjutnya. Sehingga dengan ini Renault bisa membuat mobil baru yang memakai platform dari salah satu anggota ‘aliansi’ Geely.

Baca juga: Ketika Volvo Mau ‘Melepaskan Diri’ Dari Kendali Geely…

Geely Menggandeng Renault, Siap Kerja Sama

Nama Geely sudah hampir jarang terdengar di dunia otomotif global. Walau sebelumnya mereka sempat mengenalkan mobil konsep terbarunya yang cukup futuristik, tapi belum bisa diwujudkan untuk saat ini. Sebab mereka masih terus melakukan berbagai pengembangan sebelum menyempurnakan produknya.

Selain itu, sempat muncul kabar kalau Volvo akan ‘melepaskan diri’ dari Geely, sehingga mereka bisa mengembangkan mobil tanpa mereka. Tapi kabar tersebut mulai dilupakan begitu saja oleh banyak orang. Baru-baru ini Geely mulai mengajak produsen lainnya untuk bekerja sama, dan produsen tersebut tak lain adalah Renault.

(Motor Authority)

Platform CMA

Kedua produsen ini sudah sepakat untuk melakukan kerja sama untuk mengembangkan produk yang akan dijual di Korea Selatan. Mungkin kedengarannya aneh, sebab biasanya produsen menggandeng Geely agar bisa menjual produknya di Negeri Tirai Bambu. Tapi sepertinya Renault dan Geely mulai menargetkan negara lain yang memiliki potensi lebih tinggi.

Bekerja sama dengan Geely dapat menguntungkan Renault maupun sebaliknya, sebab mereka bisa berbagi platform maupun teknologi mobil. Mereka dapat meminjam platform CMA, platform yang dikembangkan oleh Geely dan Volvo, untuk merakit mobil baru. Model tersebut akan dikerjakan selama dua tahun ke depan.

Platform CMA atau Compact Modular Architecture ini sudah dipakaikan pada sejumlah produk Geely dan Volvo, contohnya Volvo XC40. Jadi mobil baru hasil kerja sama Renault-Geely ini nantinya akan satu platform dengan SUV tersebut.

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives