Alasan VW Jarang Merilis Mobil Baru di Indonesia

RiderTua.com – Merek mobil asal Eropa seperti Mercedes-Benz hingga BMW bisa dikatakan sangat rajin merilis mobil baru di Indonesia. Tapi tak semuanya bisa melakukan hal serupa, jelas karena mereka dihadapkan dengan suatu masalah. Seperti yang dialami Volkswagen, dimana mereka tak bisa merilis sembarang model anyar di Indonesia. Sebab standar emisi yang ada pada mobilnya tak sesuai dengan di Tanah Air.

Baca juga: Volkswagen ID Buzz Versi Produksi Siap Rilis Tahun Depan!

Volkswagen Tak Bisa Merilis Banyak Mobil Baru

Dari berbagai macam produk yang dihadirkannya di Indonesia, VW baru memiliki model seperti Tiguan hingga Golf. Mereka sudah menargetkan bisa menjual lebih banyak mobil di Tanah Air pada tahun ini, dengan peningkatan hingga 25 persen. Selain itu, VW ingin menghadirkan mobil baru lainnya setelah menyegarkan Tiguan sebelumnya.

Sebenarnya Volkswagen memiliki banyak model yang dijual di luar negeri, seperti Passat, T-Roc, sampai Amarok. Tapi tentu tak semuanya bisa didatangkan ke Indonesia, karena harus dipilih terlebih dahulu oleh APM-nya, Garuda Mataram Motor (GMM). Sebab hampir semua produk VW sudah berstandar emisi Euro 6.

(Motor1)

Diseleksi Terlebih Dahulu

Kedengarannya agak aneh, sebab VW tak mau mendatangkan semua model karena standar emisinya terlalu tinggi. Jelas karena standar emisi di Indonesia masih berada di Euro 4, dan bahan bakar yang dijual disini berada di standar tersebut. Ditakutkan jika tetap dibawa kesini, maka performanya tak semaksimal yang diperkirakan.

Walau demikian, VW masih punya cara lain untuk menghadirkan produk terbarunya di Tanah Air. Tentu saja dengan melakukan seleksi model yang cocok dijual disini, entah apakah akan diproduksi lokal atau didatangkan dari luar negeri. Mungkin inilah yang juga dilakukan terhadap Tiguan Allspace yang kini dirakit secara MKD (medium knock-down).

Volkswagen juga berencana untuk menghadirkan ‘adiknya Tiguan’ pada tahun ini di Indonesia. Walau belum jelas apakah model tersebut berupa T-Cross atau Taos seperti yang diduga sebelumnya. Tapi mereka memastikan kalau model ini sudah cocok untuk dijual disini.

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives