Oli Bayliss ‘Latihan Balap’ dengan Ducati 955 V2, Kok Tidak Dilarang?

RiderTua.com – Tahun 2022 ini, nama Bayliss akan kembali muncul di kejuaraan dunia Superbike. Dalam kategori Supersport yang baru dibentuk, Oliver Bayliss akan mengendarai Ducati Panigale 955 V2 untuk Team Barni Racing. Oli Bayliss dikabarkan sudah ‘membiasakan diri dengan ikut race’ dengan motor balap Ducati 955 V2 di ajang balapan malam tahunan di Sydney Motorsport Park. Putra dari legenda superbike Troy Bayliss sudah melaju dengan Ducati 955 V2 di Australia dalam ajang balapan malam, apakah tidak menyalahi aturan menggunakan motor yang sama untuk balapan lokal (otomatis sebagai latihan)? Motor yang sama juga nantinya dia gunakan untuk kompetisi di World supersport 2022.

Dia mempersiapkan diri dengan baik saat kembali pada 8-9 Februari di Portimao yang akan geber motor balapnya tahun ini untuk pertama kalinya. Dengan pembalap pabrikan Aruba Nicolo Bulega dan Max Kofler dari CM-Racing, dua lagi Ducati 955 V2 akan ada di sana sebagai referensi untuk pembalap Australia itu.

Pada awal Desember, remaja berusia 18 tahun itu menyelesaikan final seri Superbike Australia dengan Panigale V4R, tetapi dia sudah sibuk melakukan latihan dengan motor V2, ayah Troy membiarkannya bermain dan putranya, yang aslinya namanya Oliver, mendapatkan motor itu untuk latihan.

Oli tidak pernah melewatkan kesempatan untuk membiasakan diri dengan V2. Pada pertengahan Desember dia ambil bagian dalam balapan malam tahunan di Sydney Motorsport Park, di mana dia menikmati podium. “Sangat menyenangkan mempersembahkan Panigale V2 di ‘St. George Motorcycle Club Pirelli Summer Night Series. Saya finis di urutan ke-4, ke-4, dan ke-3, tetapi yang lebih penting adalah melakukan lap sebanyak mungkin dengan motor sebelum saya beralih ke kejuaraan dunia (WSSP),” kata Bayliss.

Cerdik…Tak Melanggar Aturan

Ada pertanyaan kenapa dia bisa melaju lebih banyak dengan motor yang sama untuk kompetisi dunia WSBK?.. Sebenarnya, aturannya dirancang sedemikian rupa sehingga selama liburan musim dingin, hanya sedikit motor standar yang dimodifikasi yang digunakan untuk latihan, sehingga pembalap yang lebih lemah secara finansial tidak memiliki kerugian yang lebih besar. Jika melihat kasus lain (pembalap Mercado di Republik Ceko pada tahun 2021), partisipasi dalam seri nasional diperbolehkan selama musim. Oleh karena itu Bayliss melakukannya dengan cerdik, karena sesuai dengan aturan.

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page

%d bloggers like this: