Pengamat: Honda CBR600RR Marquez Menyalahi Aturan?

RiderTua.com – Kenapa Marc Marquez latihan dengan Honda CBR600RR bukan motor stok 1000cc versi jalan raya Honda RC213V-S yang lebih besar?. Beberapa mata tajam pengamat MotoGP menganalisa bahwa motor yang dipakai Marquez bukan motor ‘supersport medium biasa’. Dengan motor yang bukan 1000cc memungkinkan Marquez untuk menyematkan part balap (dimana untuk motor latihan 1000cc dilarang).. Menurut visual yang nampak motor 600cc Marc dilengkapi dengan kaliper Brembo (standarnya: Tokico), shock depan non-standar, stang clip-on yang sama sekali berbeda, dan yang menarik adalah radiator racing dengan ukuran besar bukan bawaaan pabrik.

Sensasinya mungkin beda dengan part OEM bawaan pabrik, apakah hal ini dilarang/menyalahi aturan? Masih ingat Quartararo yang mendapat hukuman penalti 20 menit di sesi latihan bebas, karena kedapatan latihan di Sirkuit Paul Ricard, Prancis dengan part ilegal (part balap)?.. Simak penjelasan berikut!

Marc Marquez kembali ke lintasan aspal lagi, kali ini, dia berada di sirkuit Motorland Aragon. Namun, Marquez tidak memakai motor superbike versi jalan raya 1000cc. Sebaliknya, dia menggunakan Honda CBR600RR. Beberapa pengamat menilai mungkin tampak sebagai pilihan yang aneh, namun ternyata ada keuntungan dibalik pemilihan motor kelas menengah atau yang lebih kecil dari motor worldsuperbike kelas utama. Peraturan Grand Prix FIM membatasi pembalap untuk berlatih dengan sepeda motor versi jalan raya dengan modifikasi minimal (modif ringan), jika motor tersebut memiliki kapasitas yang sama dengan motor yang mereka gunakan untuk balapan. Dalam kasus pembalap MotoGP, yaitu motor yang dipakai adalah 1000cc, Moto2 mesin 765cc (mesin Triumph), dan untuk pembalap Moto3 mesin 250cc, maka modifikasi dibatasi.

Honda CBR600RR versi racing dijual di Jepang
Honda CBR600RR

Celahnya Disini……

Namun, tidak ada aturan untuk berlatih dengan sepeda motor yang kapasitasnya tidak sama dengan motor yang mereka pakai untuk balapan. Dengan memilih mengendarai Honda CBR600RR, Marquez diperbolehkan membuat perubahan yang jauh lebih besar pada motornya. Perubahan itu terlihat, bahkan dari satu foto yang diposting di media sosial oleh Marquez. Ada radiator balap ukuran besar dan pendingin terpasang, jauh lebih besar dari bawaan pabrikan. Motor yang dipakai Marc juga menggunakan kaliper Brembo sebagai pengganti Tokico standar, juga terlihat garpu depan non-standar, dan stang klip-on yang sama sekali berbeda.

Keuntungannya?

Keuntungan berlatih pada Honda CBR600RR yang terlihat seperti superstock atau supersport adalah bahwa nuansa motornya jauh lebih dekat dengan motor balap sesungguhnya daripada motor versi jalan raya biasa yang dimodifikasi ringan. Tampaknya itulah poin yang dikejar Marquez dengan ‘cerdik’. Tujuannya jelas Marc ingin segera kompetitif dengan latihan yang tidak sia-sisa memasuki musim 2022.
(Artikel ini bukan untuk narasi konten Youtube..!)

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives