Toyota dan Suzuki Ingin Saingi Hyundai Creta?

RiderTua.com – Boleh dibilang Creta menjadi andalan bagi Hyundai di pasar SUV kompak di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Tapi jelas kompetitornya tak mau kalah dari model tersebut dan ingin membuat penantangnya. Toyota dan Suzuki disebut tengah mempersiapkan lawan baru bagi Creta. Bahkan model ini berupa mobil kembar layaknya model sebelumnya.

Baca juga: Inden Hyundai Creta Terus Meningkat!

Toyota-Suzuki Mempersiapkan Lawan Baru Creta

Sudah cukup lama sejak Toyota dan Suzuki bekerja sama dalam menghadirkan ‘mobil kembar’ di India dan sekitarnya. Dari RAV4-Across, Vitara Brezza-Urban Cruiser, sampai Rumion-Ertiga sudah dihadirkan di sejumlah negara. Memang produk ini tak dijual di Eropa maupun kawasan Asia yang lebih besar seperti Indonesia.

Tapi jelas mereka tak tinggal diam ketika ada model baru yang dirilis di pasar, contohnya Hyundai Creta. Mereka ingin menghadirkan produk serupa, tapi masih berupa hasil pengembangan dari kedua merek ini. Sehingga disiapkan model D22 untuk Toyota dan YFG untuk Suzuki.

(Firstpost)

YFG dan D22

Toyota disebut yang akan mengembangkan mesin hibrida untuk dipasangkan pada keduanya, sedangkan Suzuki mungkin yang menangani desain modelnya. Pembagian tugas ini disebut sangat efektif dalam memangkas biaya pengembangan suatu produk. Jadi tak heran kenapa produsen seperti Toyota dan Suzuki mau melakukan kerja sama ini.

Namun entah model apakah yang akan dikembangkannya ini, tapi kemungkinan berupa model yang benar-benar baru. Dalam arti lain, model tersebut berupa produk yang belum tersedia di pasar maupun dalam lini produk Toyota atau Suzuki. Jadi ada peluang mereka akan menyasar segmen yang belum dimasuki oleh produknya.

Tapi jelas mobil kembar ini hanya akan tersedia di India dan sekitarnya. Kecil kemungkinan Toyota dan Suzuki akan menghadirkannya di luar kawasan tersebut, seperti di Indonesia. Terlebih di luar India, Toyota dan Suzuki masih bersaing ketat di pasar roda empat.

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page

%d bloggers like this: