Ternyata Fortuner 2.8 Belum Punya TSS!

1
(GridOto.com)

RiderTua.com – Toyota Astra Motor (TAM) sudah meluncurkan Fortuner varian terbaru bermesin 2.800 cc. Dengan ini, mobil SUV ladder frame tersebut dapat memiliki mesin yang lebih bertenaga lagi. Namun ternyata Fortuner 2.8 belum dilengkapi dengan paket fitur keselamatan Toyota Safety Sense (TSS). Padahal fitur ini sudah tersedia pada model seperti Avanza hingga Raize.

Baca juga: Fortuner 2.8 dan Land Cruiser 300 Resmi Dirilis di Indonesia

Fortuner 2.8 Tak Dilengkapi Dengan Toyota Safety Sense

Fitur keselamatan sudah menjadi fitur yang wajib tersedia pada suatu mobil, apalagi sejumlah fitur tersebut tersedia dalam satu paket. Seperti Toyota Safety Sense atau TSS yang sudah memiliki sejumlah fitur keselamatan yang cukup lengkap. Walau ada beberapa versi yang tersedia, itupun tergantung dari jenis mobilnya.

TSS memiliki fitur keselamatan yang bervariasi, dari pre-collision warning, pedal misoperation control, front departure alert, sampai lane departure warning. Tak hanya tersedia pada mobil kelas atas, paket ini juga sudah disediakan pada mobil entry level. Contohnya Avanza-Veloz generasi terbaru serta Raize yang sudah dilengkapi dengan fitur ini.

(Motor1)

Pangkas Harga?

Namun anehnya pada varian terbaru Fortuner ternyata tak dilengkapi dengan TSS, dan sudah jelas ini menimbulkan tanda tanya. Sebab Fortuner berada di kelas lebih tinggi ketimbang Raize, tapi ternyata model ini kekurangan fitur paling penting. Toyota Astra Motor (TAM) mengaku kalau mereka sengaja tak menghadirkan TSS demi fokus ke ‘engine power’ pada Fortuner.

Toyota melihat kalau konsumen Indonesia banyak yang menginginkan Fortuner bermesin lebih besar. Apalagi dengan PPnBM yang kini berdasarkan pada emisi, memuluskan rencana mereka untuk menghadirkan varian mesin 2.800 cc tersebut. Tapi mereka rela ‘mengorbankan’ fitur TSS demi bisa menghadirkan varian ini.

Tapi jika konsumen menginginkan TSS, maka TAM bisa mempertimbangkannya. Untuk sekarang Fortuner 2.8 masih belum memiliki fitur tersebut.

1 COMMENT

Leave a Reply