Penjualan Sepeda Motor Tahun 2021 Meningkat 38 Persen!

1
(Motorplus)

RiderTua.com – Keadaan pasar otomotif yang mulai berangsur membaik sudah mulai memulihkan angka penjualan. Termasuk penjualan sepeda motor, yang tercatat pada tahun 2021 lalu meningkat 38,1 persen dari tahun 2020. Sementara untuk unit yang terjual, sekitar 5 juta unit sepeda motor sudah terjual di Indonesia pada tahun 2021. Untuk ekspornya sendiri sudah tembus 800 ribu unit.

Baca juga: Honda Tetap Jadi Merek Motor Terlaris Tahun 2021!

Sekitar 5 Juta Unit Sepeda Motor Terjual di Indonesia

Penjualan motor di Tanah Air sudah melebihi lima juta unit, atau tepatnya 5.057.516 unit. Hasil ini meningkat 38,1 persen jika dibandingkan dengan hasil penjualan sepeda motor pada tahun 2020. Memang peningkatannya tak seberapa, tapi itu saja sudah lebih baik dari tahun lalu.

Sementara untuk ekspornya, tercatat ada 803.931 unit motor yang dikirim dari Indonesia ke luar negeri. Kenaikannya tak setinggi penjualan domestik, yaitu hanya sebesar 14 persen saja. Walau demikian, sama seperti penjualan motor dalam negeri, hasil ini sudah setidaknya bisa memulihkan angka ekspor yang didapat pada tahun 2020.

(MPM Honda Jatim)

Motor Matik

Honda masih menjadi merek sepeda motor terlaris di Indonesia, dan mungkin ini bukanlah sesuatu yang mengejutkan. Mengingat Honda sudah lama menguasai pasar roda dua di Tanah Air selama bertahun-tahun. Walau mendapat persaingan ketat dari Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki, Honda tetap mempertahankan posisinya di pasar roda dua.

Sementara motor matik masih menjadi jenis motor terlaris, dengan pangsa pasar mencapai 87,58 persen. Pangsa ini jauh lebih besar ketimbang pangsa pasar motor bebek sebesar 6,30 persen dan motor sport 6,12 persen. Motor matik juga mendominasi angka ekspor tahun 2021, walau kontribusinya hanya mencapai 70,29 persen saja.

Tapi tetap saja, penjualan sepeda motor masih disumbangkan dari motor matik. Permintaan akan motor jenis ini masih sangat tinggi, baik di Indonesia maupun di luar negeri.

1 COMMENT

Leave a Reply