Keluarga yang Paling Sukses di Balap Motor

RiderTua.com – Keluarga yang paling sukses di balap motor… Jika bertanya mengenai keluarga mana yang memiliki kemenangan race terbanyak?.. Keluarga Roberts, Rossi, dan Marquez pasti masuk dalam daftar. Tetapi keluarga Nieto lebih banyak meraih kesuksesan dalam hal gelar dunia (13 gelar). Namun untuk kategori kemenangan diraih keluarga Rossi (118 kali menang)..

Keluarga yang Paling Sukses di Balap Motor

Alex Marquez berhasil meraih kemenangan di kelas Moto2 di GP Jepang-Motegi dan finis di tempat ke-2 di kelas MotoGP di sirkuit yang sama. Sejak saat itu muncul pertanyaan, keluarga mana yang paling sukses dalam olahraga balap motor? Jika pengamat MotoGP yang memberi jawaban, maka terungkap jawaban yang mungkin tidak kita perkirakan.

Pembalap tersukses Giacomo Agostini berhasil menorehkan 15 gelar juara dunia dan 122 kemenangan balap..​​ Namun sayang, saudaranya Felice tidak pernah naik podium di Kejuaraan Dunia 350cc.

Carmelo Ezpeleta, Kenny Roberts, Sr. and Kenny Roberts, Jr.

Ayah dan anak Kenny Roberts juga masuk dalam daftar sebagai keluarga balap paling sukses. ‘King Kenny’ memenangkan Kejuaraan Dunia 500 pada tahun 1978, 1979 dan 1980 dengan Yamaha. Sementara putranya ‘Little Kenny’ menang di kelas 500cc pada tahun 2000 dengan Suzuki. Total, keluarga asal California itu menorehkan 4 gelar Dunia.

Jika kita menempatkan jumlah gelar kejuaraan dunia maka keluarga Nieto berada di urutan pertama dalam daftar. Angel Nieto yang meninggal dalam kecelakaan pada 3 Agustus 2017 di usia 70 tahun di Ibiza-Spanyol, memenangkan 13 gelar juara dunia sendirian.

Keluarga Marquez berhasil memenangkan 10 gelar. Sejauh ini Marc sukses memenangkan 8 gelar (1 kali di kelas 125 cc, 1 kali di Moto2, 6 kali di MotoGP), adiknya Alex memenangkan 2 gelar dunia yakni di kelas Moto3 tahun 2014 dan di Moto2 tahun 2019.

Valentino Rossi memenangkan 9 gelar dunia, tapi Papa Graziano tidak membukukan satu pun kemenangan. Keluarga paling sukses dalam kemenangan GP tetap dipegang Rossi, dengan total 118 kemenangan. Rossi telah memenangkan 115 balapan dan Graziano 3 kemenangan.

Agostini tidak memperhitungkan, karena saudaranya Felice tidak pernah menang di Kejuaraan Dunia. Sementara keluarga Nieto, Papa Angel merebut 90 kemenangan, ​​putranya Pablo 1 kemenangan dan keponakannya Fonsi dengan 5 kemenangan, jadi total 96 kemenangan. Putranya Angel ‘Gelete’ Junior tidak pernah menang.

KELUARGA NIETO

  • Angel Nieto : 13 gelar Kejuaraan Dunia, 90 kemenangan GP, dan 139 podium
  • Pablo Nieto (putra) : 1 kemenangan GP dan 8 podium
  • Fonsi Nieto (keponakan) : 5 kemenangan GP dan 10 podium

KELUARGA ROSSI

  • Valentino Rossi : 9 gelar dunia, 115 kemenangan GP dan 235 podium
  • Graziano Rossi : 3 kemenangan GP dan 5 podium

KELUARGA MARQUEZ

  • Marc Marquez : 8 gelar dunia, 85 kemenangan GP dan 138 podium
  • Alex Marquez : 2 gelar dunia, 12 kemenangan GP dan 40 podium

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives