Lima Mobil EV yang Sudah Dihadirkan di Indonesia Pada Tahun Ini

RiderTua.com – Meskipun elektrifikasi mobil di pasar roda empat Tanah Air belum maksimal, tapi produsen sudah menghadirkan mobil listrik. Dari Hyundai sampai Nissan memiliki produk EV unggulannya masing-masing. Model seperti Ioniq-Kona EV, Leaf, sampai Gelora E sudah memeriahkan pasar mobil ramah lingkungan di Indonesia. Ini dilakukan sebagai tahap awal dalam era elektrifikasi di industri otomotif.

Baca juga: Hyundai Hentikan Pengembangan Mesin Mobil Konvensional, Kenapa?

Ioniq-Kona EV dan Leaf Memeriahkan Pasar Mobil EV

Hyundai pertama kali menghadirkan mobil listrik murni di Indonesia dengan menghadirkan Ioniq dan Kona EV. Kedua model ini sekaligus menjadi pionir di pasar mobil EV di Tanah Air. Sejauh ini baik Kona EV maupun Ioniq sudah terjual hingga puluhan unit, meski cukup kecil, tapi itu sudah menjadi awal yang bagus.

Tak banyak yang menduga kalau Nissan akan menghadirkan mobil listrik Leaf di Tanah Air. Sebab selama beberapa tahun terakhir mereka mengandalkan model ramah lingkungannya, yaitu Kicks e-Power. Dengan peluncuran Leaf ini, Nissan sudah menyatakan keseriusannya dalam menggeluti pasar mobil EV di Indonesia.

(MG Motor UK)

MG dan DFSK

Tak hanya merek otomotif dari Korea Selatan dan Jepang yang menghadirkan mobil listrik di Indonesia, tetapi juga merek dari Negeri Tirai Bambu. Seperti MG yang mengenalkan model station wagon MG 5 EV yang begitu elegan dan pastinya ramah lingkungan. Sayangnya tak seperti ketiga model yang disebutkan sebelumnya, MG 5 EV belum dijual di pasar dan harganya masih belum diumumkan.

Kemudian DFSK meluncurkan Gelora EV, yang menjadi minibus bertenaga listrik murni pertama di Indonesia. Meski dari tampilannya masih sama dengan Gelora versi konvensional, tapi model ini sudah cukup menjanjikan untuk pasar mobil niaga. Harganya memang masih lumayan mahal, yaitu sekitar Rp 480 jutaan.

Sebenarnya masih ada satu model listrik lainnya yang dijual disini, yaitu Lexus UX 300e. Hanya saja model ini berupa mobil SUV kelas premium, jadi tak heran kalau harganya jauh lebih mahal ketimbang kelima model EV yang disebutkan sebelumnya. Tapi itu sudah sebanding dengan fitur yang ditawarkannya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page