Alex Rins: 2021 Suzuki Fokus Sasis, Abaikan Mesin dan Aerodinamika 

RiderTua.com – Alex Rins menilai bahwa fokus Suzuki pada motor GSX-RR tahun lalu adalah pada sasis, tapi mengabaikan mesin dan aerodinamika… Alex Rins mengawali musim 2021 dengan solid di dua balapan pembuka musim di Qatar dengan finis ke-6 dan ke-4. Tetapi setelah itu, atau tepatnya mulai seri ke-3 di Portimao, performa rider Suzuki itu ambyar. Rins membukukan 5 kali clear dan 4 kali crash berturut- turut sebelum balapan di Barcelona. Pembalap berusia 26 tahun itu hanya satu kali naik podium yaitu di Silverstone. Meski begitu, musim MotoGP 2021 yang sebagian besar mengecewakan, tetapi juga membawa pengalaman positif bagi Rins. Kita lihat saja tahun depan, jika ada perbaikan seperti masukan dari kedua pembalapnya Suzuki akan semakin di depan seperti Yamaha..

Alex Rins: Suzuki Fokus pada Sasis Tapi Mengabaikan Mesin dan Aerodinamika

Dengan melihat fakta yang realistis, Rins mengulas kembali performanya tahun ini. “2021 hampir berakhir. Dalam hal balapan, tentu saja kami telah melakukan segalanya. Setelah akhir musim dan tes, kami melakukan perjalanan ke Milan-Italia untuk mengunjungi pameran EICMA. Sekarang saatnya kami berada di rumah bersama keluarga sehingga ada kedamaian,” kata Alex Rins.

“Agak aneh untuk melihat kembali tahun ini, karena telah berlalu dengan sangat cepat. Meskipun itu adalah musim yang sangat panjang dan sulit. Saya ingin melupakan beberapa hal, misalnya crash dan 4 kali gagal finis yang berturut-turut. Saya memberikan segalanya di setiap balapan, tetapi sayangnya pada akhirnya saya crash. Tidak semuanya buruk tentang itu, karena saya belajar banyak dari kesalahan ini. Dan karena saya harus menghadapi kekecewaan dan tekanan.”

Pembalap asal Spanyol melanjutkan, “Kami semua bekerja bersama sebagai sebuah tim dan saya merasakan dukungan dari tim saya. Tujuan saya adalah menjadi lebih konsisten. Di tahun depan kami ingin mengumpulkan apa yang telah kami pelajari dan kami berharap itu akan terbayar pada akhirnya.”

Sementara rekan setimnya Joan Mir melesat ke peringkat 3 teratas klasemen keseluruhan MotoGP dengan GSX-RR-nya, Rins merosot ke peringkat 13 (peringkat 3 pada 2020), dengan hanya mengumpulkan 99 poin. “Motivasi saya sangat tinggi dan saya akan terus berlatih hingga mencapai limit. Tahun lalu saya mengambil langkah besar dengan latihan intensif di rumah.

“Tetapi saya juga menyadari bahwa saya sedikit merasa lelah setelah balapan. Secara keseluruhan, saya dapat pulih dengan cepat dan saya merasa kuat bahkan setelah melakoni balapan yang sangat sulit. Saya akan terus memberikan segalanya dan mengintensifkan latihan saya,” tegasnya dalam blog pribadi Suzuki.

“GSX-RR 2021 bagus, tapi tentu saja kami harus meningkatkannya. Itu normal di MotoGP, karena kita selalu mencari lebih. Saya berharap kami dapat fokus pada aerodinamis dan mesin dan menjadi lebih kuat di bagian ini,” lanjut Rins.

Dia menambahkan, “Kami terlalu fokus pada sasis, memang bagian ini membantu kami dengan kecepatan menikung dan kemampuan manuver. Tetapi mesin dan aerodinamika juga penting. Akhir-akhir ini, bagian ini sedikit kita abaikan.”

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page