Hebatnya Mandalika Dibandingkan Ceko dan Spanyol

RiderTua.com – WSBK: Ada 3 trek balap baru dalam kalender Kejuaraan Dunia Superbike 2021. Pertama, sirkuit Most di Republik Ceko menggelar kejuaraan dunia superbike pada 7-8 Agustus. Dan 2 minggu kemudian, para rider superbike tampil perdana di Spanyol Utara di sirkuit Navarra. Kemudian final musim digelar di Sirkuit Mandalika-Lombok. Balapan di Sirkuit Mandalika merupakan salah satu kejutan positif dalam kalender Kejuaraan Dunia Superbike 2021. Satu-satunya yang dikeluhkan hanyalah cuaca. Dalam 2 balapan di Most (Ceko) dan Navarra (Spanyol), para pembalap superbike mengkritik buruknya kondisi lintasan balap. Bergelombang dan permukaan aspal yang berselang-seling membuat hampir tidak mungkin untuk menset-up motor. Nah… Hebatnya tidak ada keluhan yang terdengar di Mandalika. Pada balapan pertama, para rider bahkan menggunakan ban slick di lintasan yang sedikit lembab.. Wow ngegrip!

Rea: Dibandingkan Most-Ceko dan Navarra-Spanyol, Mandalika Trek dengan Grip Terbaik

Jonathan Rea mengatakan, “Mandalika adalah salah satu trek balap dengan grip terbaik di dunia saat basah. Masalahnya hanya drainase, sehingga air bisa mengalir dari lintasan. Bahkan di sebelah trek ada yang benar-benar tenggelam. Mungkin bisa diperbaiki”

Sebelumnya, operator sirkuit sesumbar bahwa mereka menggunakan salah satu jenis aspal terbaik. Hanya 4 lintasan balap di seluruh dunia yang memiliki jalur permukaan ini. Dimana jenis aspal ini dikembangkan dengan ‘pengetahuan’ dari Jerman, yang juga digunakan di sirkuit Phillip Island-Australia.

Satu-satunya hal yang mengganggu di Mandalika adalah cuaca yang memang berada di musim penghujan. Balapan hari Sabtu dibatalkan karena hujan deras. Balapan kedua pada hari Minggu berlangsung menjelang sore hari di trek basah.

“Menyesuaikan jadwal akan membantu. Jika balapan berlangsung pada pukul 2 siang, kami tidak akan balapan dalam kondisi seperti itu. Saat ini tahun baru hujan sekitar jam 3 sore,” kata Rea.

“Namun, sesuatu yang fantastis telah dicapai di Mandalika. 4 minggu sebelum balapan akhir pekan, saya melihat gambar trek balap yang belum lengkap. Tapi kemudian balapan kelas dunia digelar di sana. Kita hanya perlu memberi selamat kepada mereka. Balapan itu merupakan pengalaman yang luar biasa,” lanjut pembalap asal Irlandia Utara itu.

Agar penggemar di Eropa tidak menonton balapan dini hari (karena selisih waktu 7 jam), oleh Dorna start balapan diundur 1 jam dan start pukul 2 siang sampai jam 3 sore!

Dalam kalender 2022, balapan di Indonesia dijadwalkan digelar di pertengahan November. Dan lagi-lagi berada di musim hujan.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page