Mobil yang Tak Lagi Dijual di Indonesia Tahun Ini

RiderTua.com – Dari tahun ke tahun, makin banyak mobil baru yang dirilis di Indonesia. Tapi tak sedikit ada juga mobil yang harus dihentikan penjualannya karena sudah tak bisa bersaing di segmennya. Tercatat ada lima model yang tak lagi dijual di Indonesia. Kebanyakan berupa model SUV, dan sebagian diantaranya berupa hatchback dan LCGC.

Baca juga: Catatan Penjualan Karimun Wagon R di Indonesia

Lima Mobil yang Tak Lagi Dijual di Indonesia

Baru saja Suzuki mengumumkan tak lagi menjual Karimun Wagon R di Indonesia setelah model ini hadir selama dua dekade. Tak hanya penjualannya yang terus menurun, tetapi juga Suzuki berencana untuk fokus sepenuhnya pada pengembangan mobil ramah lingkungan. Meskipun untuk produksinya masih tetap berjalan, tapi model ini akan diekspor ke luar negeri.

Kemudian Honda Jazz yang sempat menjadi andalannya selama ini sudah tak lagi dijual sejak Maret lalu. Honda mengaku kalau mereka tak bisa membawa model terbaru Jazz karena kurang sesuai dengan pasar tujuannya. Sebagai gantinya, Honda menghadirkan City Hatchback yang lebih modern dan tetap sporty.

(JD Power)

Kalah Saing

Outlander Sport pernah mewarnai pasar mobil SUV di Tanah Air, sebelum dihentikan penjualannya pada awal tahun ini. Meski menjadi pionir dari segmen SUV kompak, tapi hasil penjualannya lebih sedikit ketimbang Pajero Sport. Mitsubishi akhirnya mengganti model ini dengan model ramah lingkungan, yaitu Outlander PHEV.

Kemudian Panther yang menjadi salah satu MPV legendaris di Indonesia juga disuntik mati. Isuzu mengaku kalau mereka terpaksa melakukan ini karena tak bisa mengembangkan mesin diesel yang berstandar emisi lebih tinggi dari mesinnya sekarang. Tapi untuk mengembangkannya cukup sulit, apalagi membutuhkan dana yang cukup besar.

Terakhir ada Nissan Terra yang sempat meramaikan segmen SUV ladder frame. Sayangnya model ini sudah tak lagi dijual tanpa alasan yang jelas. Walau sebenarnya Nissan mengaku kalau mereka sudah kehabisan unitnya. Tapi belum dipastikan apakah ini artinya Terra bakal kembali atau tidak.

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives