Kapan Kia Rilis ‘Kembarannya’ Stargazer?

0
(ruliweb.com via Kompas Otomotif)

RiderTua.com – Beberapa bulan lalu, Hyundai diketahui akan menghadirkan MPV kompak terbaru bernama Stargazer. Nampaknya merek otomotif tersebut sudah mulai berani memasuki segmen MPV yang lebih luas lagi. Ternyata merek senegaranya, Kia, bakal menghadirkan produk serupa berupa Kia KY. Walaupun sosoknya belum terlihat jelas, tapi interiornya sudah bocor duluan.

Baca juga: All New Kia Niro, Lebih Modern dan Elegan

Kia Ingin Hadirkan MPV Kompak KY

Mungkin kedengarannya seperti sesuatu yang tak aneh lagi, mengingat keduanya masuk ke dalam Hyundai Group. Sehingga Hyundai dan Kia bisa saling berbagi platform dan teknologi untuk diterapkan pada produknya. Seperti Hyundai Staria dan Kia Carnival, yang memakai platform yang sama.

Namun kerja sama keduanya tak berhenti sampai disitu, terlebih dalam mengembangkan mobil MPV. Walau segmennya tak sebesar SUV, tapi Hyundai-Kia melihat potensi yang cukup besar dari mobil MPV di sejumlah negara berkembang. Sehingga dikembangkanlah model kembar, yaitu Stargazer dan KY.

(Otosia)

Platform yang Sama?

Sebelumnya Stargazer sempat ketahuan sudah didaftarkan Hyundai di Indonesia, sehingga memunculkan spekulasi kalau Hyundai tengah menyiapkan modelnya untuk dijual disini. Apalagi sosoknya sudah terlihat melakukan tes jalan, artinya mereka masih terus menggarap modelnya. Sekarang giliran Kia yang menghadirkan model serupa, yaitu KY.

Memakai platform yang sama dengan Stargazer, KY kurang lebih akan memiliki dimensi yang serupa dengan kembarannya. Bahkan salah satu spyshot yang beredar menampilkan bagaimana desain interior model KY ini, dimana model ini memiliki panel instrumen serta layar infotainment canggih. Walau disebutkan kalau dasbor tersebut adalah varian menengah, bukan terendah maupun tertinggi.

Sampai sekarang baik Kia maupun Hyundai belum mau membicarakan soal KY-Stargazer lebih lanjut. Entah apakah model ini bakal diproduksi terpisah di India dan di Indonesia. Sebab dari kabar yang beredar, mobil MPV Hyundai tersebut bakal dirakit di pabrik barunya di Cikarang.

Leave a Reply