Suzuki Katana 2022, Makin Canggih dan Modern!

RiderTua.com – Mendengar nama Katana, yang terbayang pertama kali yaitu mobil SUV dari Suzuki. Nyatanya mereka memiliki produk roda dua dengan nama serupa, lebih tepatnya motor bergaya sport. Baru saja Katana mendapatkan penyegaran model 2022 yang dirilis di EICMA 2021. Walau tampilannya masih sama, tapi motor ini mendapat pembaruan pada teknologi serta mesinnya.

Baca juga: Moped Suzuki Smash Sudah Disuntik Mati?

Katana Hadir Sebagai Model 2022 di EICMA 2021

Walau hadir sebagai model terbaru tahun 2022, tapi dari penampilannya nampak masih sama dengan model sebelumnya. Tapi tetap saja, Katana tampil sebagai motor bergaya sport yang begitu keren, apalagi model ini tampil beda dari model sejenisnya. Ubahan pada tampilannya hanya sekedar menambah warna baru. Terdiri dari Solid Iron Gray dengan pelek warna merah serta Metallic Matte Stellar Blue pelek kelir emas.

Jadi apa yang baru dari model 2022 ini? Katana membawa pembaruan pada teknologi fitur yang diusungnya. Seperti quick shifter dua arah yang berguna untuk menghasilkan konversi gigi lebih halus. Lalu ada Suzuki Clutch Asisst System dengan clutch slipper yang dapat mencegah terjadinya efek engine break saat menurunkan gigi dalam rpm tinggi.

(Kiratas)

Makin Gagah

Ada juga traction control dengan lima mode yang dapat dinonaktifkan oleh penggunanya, berfungsi untuk mengurangi tenaga mesin ketika terjadi slip. Fitur baru lainnya seperti accelerator ride-by-wire, Suzuki Intelligent Ride System, sampai Suzuki Drive Mode Selector juga disediakan pada model 2022. Untuk mode berkendaranya terdiri dari tiga mode, yaitu Active, Basic, dan Comfort.

Untuk mesinnya, Suzuki meminjam mesin dari model GSX-S1000 model 2021, yaitu mesin 1.000 cc DOHC 4 silinder berstandar emisi Euro 5. Performanya jangan diremehkan lagi, karena mesin ini sanggup menghasilkan tenaga dan torsi sebesar 152 ps dan 76,3 lb-ft. Tentu ini performa yang sudah cukup bagus untuk ukuran motor 1.000 cc.

Soal harganya Suzuki belum mengumumkannya saat ini, sebab penjualannya baru bisa dimulai tahun depan. Apalagi Katana 2022 bakal dijual terlebih dahulu di Benua Eropa, belum jelas apakah negara lainnya bakal menyusul setelahnya.

Related Articles

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page