MotoGP di Sirkuit Spanyol Akan ‘Dibatasi’

1

RiderTua.com – Balapan MotoGP di Jerez, Catalunya, Aragon, Valencia akan digelar secara bergantian, termasuk sirkuit lainnya di semenjung Iberia: Portimao… Promotor Kejuaraan Dunia Dorna Sports dan operator Circuit de Barcelona-Catalunya menyetujui kontrak baru selama 5 tahun. Setelah 2022, kejuaraan dunia balap motor akan diadakan setidaknya 2 kali di Montmelo. Dorna memberikan sirkuit Catalunya setidaknya dua event MotoGP lagi antara 2023 dan 2026. Itu artinya hingga 2026, sirkuit Catalunya paling tidak hanya menggelar 3 balapan saja..

MotoGP di Sirkuit Spanyol Akan ‘Dibatasi’

Kalender MotoGP sementara untuk musim 2022 berisi 21 balapan dan kontrak baru selama 5 tahun dengan tim menyediakan maksimal 22 pembalap.

Kejuaraan Dunia Balap Motor telah diadakan setiap tahun sejak 1992 di sirkuit Montmelo sepanjang 4,6 km yang berjarak sekitar 20 km timur laut Barcelona.

Aragon

Di masa depan, trek balap di Semenanjung Iberia (Jerez, Catalunya, Aragon, Valencia dan Portimao) akan menggelar balapan secara bergantian di kalender. Setelah Sirkuit Jalanan Internasional Mandalika di Lombok dan KymiRing di Finlandia (keduanya baru pada tahun 2022), negara-negara lain berjuang untuk menjadi tuan rumah kejuaraan dunia balap motor.

Misalnya Hongaria yang ingin menjadi tuan rumah balap MotoGP mulai 2023. Dan perjanjian terkait, ditandatangani oleh CEO Dorna Carmelo Ezpeleta dan perwakilan pemerintah Hongaria pada Maret tahun ini.

“Perpanjangan kontrak dengan Circuit de Barcelona-Catalunya selama 5 musim lagi adalah berita fantastis untuk MotoGP. Sirkuit Catalunya yang spektakuler telah menjadi bagian dari MotoGP sejak awal Dorna dan telah menjadi titik tetap di setiap musim. Kesepakatan penting ini memperpanjang kerjasama hingga 2026 dan sekali lagi menunjukkan betapa terhubungnya promotor dengan kejuaraan dunia kita,” kata Carmelo Ezpeleta.

Roger Torrent selaku Presiden Sirkuit sekaligus Menteri Ekonomi dan Tenaga Kerja Catalunya, menekankan, “Kami sangat senang untuk terus menjadi tuan rumah kejuaraan paling penting dalam balap motor. Ini adalah berita bagus untuk negara kami, dampak internasional Barcelona dan Catalunya dan tujuan kami membuat trek, bersama dengan industri mobilitas ramah lingkungan, elemen strategis untuk pembangunan ekonomi dan sosial.”

1 COMMENT

Leave a Reply