Apakah Marquez Akan Absen Setahun Lagi?

1

RiderTua.com – Marc Marquez hanya diperbolehkan jalan kaki… Usai menderita diplopia akibat dari crash saat latihan off road menjelang GP Portugal, Marc Marquez memposting saat dia sedang berjalan-jalan di akun media sosialnya. Sebagai pengingat, bintang Repsol Honda itu awalnya memutuskan untuk tidak ambil bagian dalam GP Algarve-Portimao pada 7 November. Tapi kemudian juga membatalkan keikutsertaannya di balapan final musim di Valencia dan tes Jerez selama 2 hari. Dan seperti biasa, baik Honda maupun HRC Jepang, sangat pelit dalam hal komunikasi. Mereka hanya mengatakan sepenggal tentang Marquez. Berapa lama waktu yang dibutuhkan sampai Marc Marquez secara fisik mampu mengendalikan Honda RC213V hingga limitnya?.. Mungkin Marc akan menunda balapan Qatar seperti tahun 2021. Bahkan menurut media Jerman, beberapa rumor dari ‘orang dalam’ memperkirakan Marc absen selama 1 tahun. Pasalnya, kontrak baru Marc di Honda diperpanjang hingga akhir musim 2024.

Apakah Marquez Akan Absen Setahun Lagi?

Dan sekarang, manajer Honda sangat prihatin dengan kesehatan dan pemulihan Marc Marquez, yang menderita gegar otak serius saat latihan 4 minggu lalu.

Tidak sampai 7 hari setelah didiagnosa mengalami gegar otak ringan, fakta sebenarnya terungkap. Saat diperiksa di Klinik Dexeus di Barcelona pada 8 November lalu, ​​​​Dr. Sanchez Dalmau mengungkapkan bahwa pembalap berusia 28 tahun itu menderita diplopia. Ini berarti Marquez mengenali dua gambar dari satu objek.

Dr. Dalmau menjelaskan, “Pemeriksaan yang dilakukan pada Marc Marquez setelah crash memastikan bahwa pembalap mengalami diplopia. Pemeriksaan juga mengungkapkan adanya kelumpuhan saraf kanan keempat dengan keterlibatan otot oblik superior kanan. Perawatan konservatif dipilih dengan pembaruan rutin untuk mengikuti perkembangan klinis. Saraf ini adalah salah satu yang terluka pada tahun 2011.”

Saat itu, usai mengalami crash Moto2 di FP1 Sepang, butuh 4,5 bulan bagi pembalap asal Spanyol itu untuk kembali menunggangi motor balap.

Jelas, tidak ada yang bisa menilai secara serius apakah cedera saat ini ringan atau lebih parah.

Saat di GP Valencia, terdengar Honda mengatakan, “Traumanya persis sama seperti tahun 2011. Penglihatan ganda terjadi saat Marc melihat ke bawah. Pandangan ke atas dan ke depan tidak terganggu alias normal.”

Ini akan menjadi sebuah ‘keajaiban kecil’ jika Repsol-Honda ingin Marc Marquez fit 100 persen pada awal musim 2022 mulai dari 6 hingga 8 Maret di Doha-Qatar. Marc juga dijadwalkan mengikuti tes IRTA untuk kelas MotoGP. Pada 5-6 Februari di Sepang-Malaysia dan 11-13 Februari di Sirkuit Jalanan Mandalika Lombok.

Di Spanyol tersiar kabar bahwa, Marc Marquez dipaksa oleh dokter untuk menahan diri selama 6 minggu. Dia tidak diizinkan berolahraga selama periode ini, dan dilarang keras melakukan aktivitas apa pun. Hanya berjalan-jalan yang diperbolehkan.

Kemudian, pada pertengahan Desember, akan dilakukan investigasi terhadap pemenang MotoGP 59 kali itu yang saat ini masih menderita diplopia dan melihat obyek binokular ganda.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan sampai Marc Marquez secara fisik mampu mengendalikan Honda RC213V hingga limitnya, tidak dapat ditentukan. Bukan tidak mungkin, pembalap asal Spanyol itu hanya bisa turun tangan di balapan dengan penundaan, seperti pada 2021.

Bahkan beberapa ‘orang dalam’ memperkirakan Marc absen selama 1 tahun. Pasalnya, kontrak baru Marc di Honda diperpanjang hingga akhir musim 2024.

Untuk rival kuat seperti Fabio Quartararo (Yamaha), Pecco Bagnaia (Ducati), Joan Mir (Suzuki), Jorge Martin (Ducati) dan sebagainya, Marquez telah kehilangan kengerian dan aura tak terkalahkannya.

Namun dalam 4 balapan terakhirnya pada 2021, Marquez masih mencetak 83 poin, Bagnaia hanya 66 poin, dan Quartararo 61 poin. Marc Marquez masih tetap menjadi ancaman serius meskipun banyak mengalami kemunduran dan cedera.

1 COMMENT

Leave a Reply