Sofuoglu Sempat Dikritik Membawa Toprak ke WSBK

1

RiderTua.com – Kenan Sofuoglu sempat dikritik membawa Toprak ke Kejuaraan Dunia Superbike… Toprak Razgatlioglu membuat sejarah dengan memenangkan Kejuaraan Dunia Superbike pada tahun 2021. Tidak hanya karena dia merupakan juara dunia asal Turki pertama di kategori teratas kejuaraan Superbike, tetapi pembalap berusia 25 tahun itu juga memenangkannya di era rekor juara dunia Jonathan Rea dan komitmen pabrikan dari 5 produsen. Tepat 12 tahun setelah Ben Spies, Toprak adalah juara dunia kedua dari Yamaha. Dia tidak akan memenangkan Kejuaraan Dunia Superbike pada tahun 2021, tanpa dukungan penuh dari sang mentor sekaligus sang manajer dari Kenan Sofuoglu.

Kenan Sofuoglu Sempat Dikritik Membawa Toprak ke Kejuaraan Dunia Superbike

Sejak 2012, karier Toprak Razgatlioglu sangat ditentukan oleh Kenan Sofuoglu, yang awalnya bertindak sebagai mentor dan kemudian juga sebagai manajer dari rider yang bertalenta itu. Dia membawa Toprak ke tim Puccetti di Superstock 600 EM 2015 (yang dimenangkan Razgatlioglu di tahun pertama), dan mempromosikan pembalap yang saat itu berusia 19 tahun itu ke Superstock 1000 Cup.

Razgatlioglu telah memimpin Kejuaraan Dunia Superbike sejak 2018. 2 tahun pertama bersama Kawasaki,dan  sejak 2020 bersama Yamaha. Sofuoglu ingat persis bagaimana semuanya dimulai.

Mentor berusia 37 tahun itu mengatakan, “Kami bertemu dengan Red Bull pada 2012 untuk menemukan atlet muda dari Turki. Toprak adalah salah satunya dan kami memilihnya sebagai atlet Red Bull. Saya menginginkan dia untuk Kejuaraan Dunia Superbike karena Turki tidak memiliki pembalap yang kuat di sana. Saya dikritik karena ini, tetapi saya ingin Toprak membuat sejarah.”

“Dia kesulitan selama 2 tahun dan tidak bahagia sama sekali, tetapi pada 2018 dia memulai di Kejuaraan Dunia untuk pertama kalinya. Kami mengalami masa-masa sulit dan kami banyak dikritik. Tetapi sekarang dia membuat sejarah sebagai Juara Dunia Superbike 2021. Dia pantas mendapatkan yang terbaik dari segalanya. Kami masih memiliki tahun-tahun yang baik di depan kami. Dia adalah seorang atlet yang akan mewakili Turki selama 10 tahun ke depan,” kata Kenan Sofuoglu

1 COMMENT

Leave a Reply