Xenia yang Jadi Unggulan Daihatsu di GIIAS 2021

1
(Daihatsu)

RiderTua.com – Astra Daihatsu Motor (ADM) dibuat untung dengan menghadirkan All New Xenia di GIIAS 2021. Bagaimana tidak, mobil LMPV ini tampil beda dan sukses menarik perhatian banyak orang. Selama 11 hari pameran, Daihatsu mengumpulkan 504 unit inden, dengan Xenia mendominasi 27 persen penjualan. Meskipun hasil ini menurun dari yang didapat di tahun 2019 lalu.

Baca juga: Xenia Kini Pakai FWD, Daihatsu: Jalan Tanjakan Tak Jadi Masalah!

Daihatsu Kumpulkan 504 Unit Inden, Xenia Mendominasi

Memang hasil penjualan Daihatsu di GIIAS tahun ini tak setinggi tahun 2019 lalu, dimana saat itu mereka menjual hingga 701 unit. Artinya pada GIIAS 2021 menurun hingga 28 persen, tapi setidaknya mereka dapat mencatatkan hasil yang cukup bagus. Apalagi tahun lalu pameran otomotif banyak yang dibatalkan akibat kondisinya tak terlalu kondusif.

All New Xenia berkontribusi 27 persen dari total penjualan mobil Daihatsu, dan ini saja sudah bagus. Sebab pada akhirnya mobil LMPV unggulannya ini terjual cukup banyak, ditambah model ini sudah mendapat perombakan. Sehingga membuat Xenia tampil lebih modern dan menjadi pusat perhatian di booth Daihatsu.

(Pikiran Rakyat)

Rocky Laris Manis

Selain Xenia, Rocky juga terjual cukup banyak, walau hanya menyumbang 15 persen dari total inden yang didapat Daihatsu. Walau dengan kehadiran Xenia generasi terbaru, tapi ini tak membuat popularitasnya menurun begitu saja. Terlebih segmen mobil SUV kompak masih cukup ramai oleh banyaknya model baru, tak hanya Rocky saja.

Sementara duo LCGC Daihatsu, yaitu Ayla dan Sigra, menyumbangkan 12 persen dari total penjualan. Kedua mobil ini masih mendapatkan inden PPnBM 100 persen, walau itu akan habis ‘masa berlakunya’ pada akhir tahun 2021. Sebab mobil LCGC tak lagi mendapatkan insentifnya sendiri sejak pajak mobil kini berdasar pada emisi karbon.

Untuk sekarang, Daihatsu akan fokus dalam memenuhi semua permintaan All New Avanza dan Xenia dari konsumen. Memang karena Daihatsu masih memproduksi keduanya, sedangkan Toyota hanya merakit model termewah Avanza, Veloz, saja.

1 COMMENT

Leave a Reply