Yamaha: Dominique Aegerter Juara Dunia Supersport 2021

1

RiderTua.com – Dominique Aegerter dari Ten Kate Racing Yamaha, YZF-R6 berhasil menyegel gelar Dunia Supersport 2021 (kalau di MotoGP mirip kelas Moto2). Kemenangan Jules Cluzel pada balapan kedua Supersport di San Juan Villicum tenggelam olehhiruk pikuk penobatan Juara Dunia Supersport baru Dominique Aegerter.. Sebelum putaran kedua di San Juan Villcum, pertanyaan menarik bergulir seputar: apakah Steven Odendaal mampu menunda penentuan Juara Dunia Supersport 2021 ke final musim ini di Lombok (WSBK-Indonesia), atau apakah Dominique Aegerter akan menobatkan dirinya sebagai juara dunia di Argentina. Mengingat dominasi pembalap GMT94 Yamaha di Superpole dan di balapan pertama, sangat mungkin Jules Cluzel akan menang.

Yamaha: Dominique Aegerter Juara Dunia Supersport 2021

Seperti pada balapan pertama, hanya Can Alexander Oncu (Kawasaki Pucceti Racing)  yang mampu mengimbangi kecepatan pembalap Prancis itu, hanya pada sepertiga terakhir balapan Cluzel mampu menyingkirkan pembalap Kawasaki yang ‘keras kepala’ dari Turki itu dengan jarak beberapa motor. Setelah 19 lap, pembalap berusia 33 tahun itu melewati garis finis dengan unggul 2,2 detik. Sejauh ini Cluzel telah memenangkan masing-masing dari empat balapan di kejuaraan Dunia Supersport di Argentina..

Balapan dipengaruhi oleh jatuhnya Manuel Gonzalez dan Steven Odendaal di tikungan pertama, di mana seluruh pembalap di lintasan tertahan kecuali Cluzel dan Oncu..

Tiga detik di belakang, Aegerter bertarung dengan Peter Sebestyen (Yamaha) dan Niki Tuuli (MV Agusta) untuk memperebutkan podium terakhir. Karena Odendaal jatuh lagi lima lap sebelum finis dan akhirnya tersingkir, pembalap Swiss itu pun sudah mengukuhkan diri sebagai juara dunia.

Aegerter ingin lebih dan jelas mengakhiri balapan dengan manis dan menjauhkan pembalap Finlandia di lap terakhir dan finis ketiga di podium sebagai Juara Dunia Supersport! Ini adalah gelar dunia pertama bagi pembalap berusia 31 tahun itu, dan yang kesepuluh untuk tim Ten Kate.

Karena Tuuli jatuh di lap terakhir, Marcel Brenner (VFT Yamaha) berhasil masuk 10 besar di race kedua di tempat kesembilan. Pembalap Kawasaki Philipp Öttl mengalami musibah, yang tidak bisa melaju setelah insiden di tikungan pertama dan berada di urutan ke-12 di akhir race. Di lap terakhir, pembalap Bavaria itu bahkan disalip oleh Manuel Gonzalez yang terjatuh di lap 1.

Hasil Race-2 Supersport Argentina

  1. Jules Cluzel Yamaha
  2. Can Öncö Kawasaki + 2.157 detik
  3. Dominique Aegerter Yamaha + 7.682
  4. Hannes Soomer Yamaha + 12,152
  5. Peter Sebestyen Yamaha + 12.979
  6. Valentin Debise Yamaha + 16.864
  7. Vertti Takala Yamaha + 23.567
  8. Glenn Van Straalen Yamaha + 23.805
  9. Marcel Brenner Yamaha + 27.164
  10. Manuel Gonzalez Yamaha + 27.790
  11. Leonardo Taccini Yamaha + 29,576
  12. Philipp Öttl Kawasaki + 30.147

1 COMMENT

Leave a Reply