‘Suzuki Ertiga Versi Toyota’ Mulai Dijual, Apa Bedanya?

1
(GridOto)

RiderTua.com – Masih ingat dengan rumor Suzuki Ertiga yang bakal mendapat rebadge dari Toyota? Ternyata kini model tersebut benar-benar diwujudkan dalam bentuk model Toyota Rumion. Mobil MPV Rumion ini sekilas tak terlalu berbeda dengan ‘kembarannya’, kecuali pada grille serta emblem-nya. Selain itu, model ini hanya tersedia di Afrika Selatan tapi dirakit di India.

Baca juga: Toyota Hentikan Penjualan Yaris Sedan di India!

MPV Toyota Rumion Tak Jauh Berbeda Dengan Ertiga

Mendengar nama Rumion, mungkin bagi sebagian orang akan mengingat model Toyota Corolla Rumion yang dijual di Jepang. Namun Toyota kini memakai nama tersebut untuk MPV hasil rebadge dari Ertiga. Sepertinya bukan jadi masalah bagi Toyota kalau model ini dijual di negara yang tak menyediakan Corolla Rumion seperti Afrika Selatan.

Kalau diperhatikan, Rumion tak jauh berbeda dengan Ertiga generasi kedua, kecuali bagian grille serta emblem Toyota yang disematkannya. Sekilas Rumion agak mirip dengan Kijang Innova di Indonesia, hanya saja berupa model low MPV. Belum jelas apakah fitur dari Ertiga tetap dipertahankan pada model Toyota yang satu ini.

(Kumparan)

Aliansi Toyota-Suzuki

Mesinnya juga sama dengan Ertiga, yaitu 1.500 cc K15B bertenaga 77 kW dan torsi 138 Nm. Kalau Ertiga di India punya banyak pilihan trim, lain halnya dengan Rumion di Afrika Selatan yang hanya memiliki tiga tipe, yaitu S, SX, dan TX. Agak mirip dengan jumlah trim Ertiga di Indonesia, yang terdiri dari GA, GL, dan GX.

Harganya lumayan terjangkau, dengan tipe S yang dibanderol Rp 231,4 juta, tipe SX Rp 257,7 juta, dan tipe TX Rp 284,2 juta. Banderol Rumion juga tak jauh berbeda dengan banderolnya Ertiga di Tanah Air. Menariknya, Ertiga dan Rumion sama-sama dijual di Afrika Selatan, tapi Toyota dan Suzuki tak khawatir kalau keduanya bakal saling ‘berebut tempat’.

Toyota dan Suzuki semakin memperkuat kerja sama aliansinya di India. Mereka sudah menghadirkan model rebadge seperti Across (rebadge RAV4), Urban Cruiser (Vitara Brezza), sampai Glanza-Starlet (Baleno).

1 COMMENT

Leave a Reply