Rossi: Bisa Fit 100 Persen, Tapi Sulit Menjadi 100 Persen ‘Muda’

RiderTua.com – Red Bull Grand Prix of the Americas menuntut segalanya baik mental dan fisik dari para rider MotoGP pada hari Minggu. Valentino Rossi tidak puas dengan hasil balapannya, “Dari sudut pandang fisik, itu adalah salah satu balapan tersulit dalam karir saya karena trek ini sangat menuntut dan sangat panas. Dengan banyak titik pengereman yang keras, banyak perubahan arah dan banyak gundukan, itu benar-benar sangat sulit,” ujar pembalap pemilik tim VR46 itu di Austin, pada Minggu malam setelah menyelesaikan balapan MotoGP terakhirnya di tanah Amerika di tempat ke-15. Menurut Rossi, MotoGP modern sangat menuntut fisik. “Kita harus fit 100 persen dan terus seperti pembalap muda. Saya bisa menjadi fit 100 persen. Sayangnya sulit bagi saya, untuk menjadi muda kembali,” katanya sambil tertawa. Rossi memang sulit menjadi muda lagi, namun rider muda belum tentu bisa membalap sampai tua..

Rossi: Sulit Menjadi ‘Muda’ Lagi

“Pada akhirnya balapan saya lumayan, mengingat kecepatan saya. Saya memilih ban belakang medium dan saya tidak terlalu cepat, tapi saya konsisten sampai akhir. Saya bisa menyalip beberapa pembalap dan mengantongi 1 poin. Tidak apa-apa, masalahnya adalah saya tidak cukup cepat atau cukup kompetitif. Saya berharap untuk menjadi lebih kuat. Pada akhirnya, balapan cukup bagus mengingat kecepatan saya,” imbuh Valentino Rossi.

Saat Rossi ditanya mengenai ban belakang medium, apakah itu pilihan yang tepat? Rossi menjawab, “Saya menggunakan ban medium karena saya tidak terlalu suka ban soft. Saya mencoba ban soft pada Minggu pagi, tetapi lambat. Jadi kami memutuskan untuk melanjutkan balapan, meskipun hanya aku dan Binder yang memilih ban medium. Tapi itu adalah keputusan yang tepat bagi kami, karena saya tetap konstan sampai akhir. Sayangnya, saya tidak terlalu cepat sepanjang akhir pekan, tetapi dengan cara itu pada akhirnya saya bisa mendapatkan 1 poin.”

“Sekarang kami beristirahat selama 2 atau 3 hari, setelah itu kami harus berlatih keras untuk 3 balapan terakhir. Secara finis hari ini sangat-sangat sulit. MotoGP modern sangat menuntut fisik. Kita melakoni race pada hari Minggu tapi kita sudah merasa lelah usai latihan pada hari Jumat dan Sabtu. Ini sangat sulit, kami harus 100 persen fit dan Anda juga harus sangat muda. Saya bisa mencoba untuk 100 persen fit. Ketika menjadi ‘sangat muda’, sayangnya sulit bagi saya, Tetapi kami berusaha berlatih lebih keras,” pungkas pembalap berusia 42 tahun itu sambil tertawa.

 

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives