Mulai Mengeluh, Aleix Espargaro: Aprilia Sulit Dikendarai!

0

RiderTua.com – Aleix Espargaro sempat berada di 6 besar di GP San Marino untuk waktu yang lama. Tetapi pada akhirnya pembalap berusia 32 tahun itu harus puas finis di tempat ke-8 di Misano. “Itu bukan benar-benar sebuah kemunduran bagi saya. Bastianini adalah pembalap yang berada di depan. Saya bertarung dengan Marquez dan Mir untuk posisi ke-4 atau ke-5 sepanjang balapan. Kecepatannya sangat-sangat kuat, tetapi di Misano motornya sangat sulit untuk dikendarai. Sangat tidak stabil, sangat sulit untuk dihentikan, dan saya tidak punya grip sama sekali. Saya bertarung sengit sepanjang balapan,” kata Aleix Espargaro menceritakan jalannya GP Misano.

Aleix Espargaro: Aprilia Sulit Dikendarai

“Dalam 5 lap terakhir, ketika saya masih membalap di 1:32,5 menit, tapi jujur, saya mengambil risiko gila-gilaan. Saya membuat dua kesalahan, saya melebar di Tikungan 1 dan saya berhasil melaluinya. Saya kemudian mencoba mengejar dan melaju sangat jauh di Tikungan 8, saya kehilangan 5 detik dan akibatnya Pol menyalip saya. Saya juga sangat lelah, itu pertama kalinya tahun ini,” kata kakak Pol Espargaro (Repsol Honda) menjelaskan tempat ke-8nya.

Meski demikian, pembalap asal Spanyol itu menyimpulkan bahwa penampilannya konsisten positif. “Secara keseluruhan, saya puas dengan performanya karena hari ini motornya tidak kompetitif dan sangat sulit dikendarai. Kami masih mencetak beberapa poin dan saya menantikan GP Amerika,” imbuh Aleix.

“Sebelum itu, kami masih melakukan tes selama 2 hari di sini untuk meningkatkan performa. Karena di Misano sama setiap tahun, sangat-sangat sulit untuk menghentikan motor, ada kekurangan stabilitas. Performanya tidak buruk, karena kami mampu bertarung melawan Marc dan Mir, dua juara dunia terakhir. Jadi itu tidak seburuk, tetapi juga tidak sebagus di dua balapan terakhir,” ungkap Aleix. Karena di Silverstone dan Aragon ujung tombak Aprilia itu finis ke-3 dan ke-4.

Mengenai tes Misano yang digelar pada hari Selasa dan Rabu, peringkat 7 dalam klasemen itu mengungkapkan, “Selain Maverick dan saya, kami juga akan punya tim penguji dengan Lorenzo (Savadori) bersama kami, yang bahkan lebih penting. Karena Lorenzo adalah pembalap yang sangat cepat yang bisa menguji banyak hal sebelum mereka datang ke pit kami. Untuk pertama kalinya dalam waktu yang lama kita bisa melakukannya dengan cara ini, itu membuatku sangat senang.”

Program apa yang akan dilakukan pabrikan asal Noale-Italia itu?.. Aleix menjawab, “Pada Sabtu sore, saya melakukan pertemuan panjang dengan Romano (Albesiano) dan para insinyur untuk sedikit memahami tentang tes itu. Mereka punya program yang bagus untuk memperkenalkan beberapa bagian dari RS-GP baru. Saya memintanya selama 3 atau 4 jam untuk mengerjakan set-up, karena saya punya beberapa ide untuk menghentikan motor dengan lebih baik.”

“Kami harus melihat bagaimana kami mengatur segalanya karena tes musim dingin tidak terlalu lama. Jadi tentu saja penting untuk mengembangkan motor baru. Namun, pada saat yang sama, kami juga harus mempertimbangkan bahwa kami akan tetap balapan di sini,” kata Aleix merujuk pada GP Misano kedua pada 24 Oktober.

Leave a Reply