Nissan ‘Fairlady’ Z, Retro dan Sporty!

1
(Motor1)

RiderTua.com – Setelah sempat ditampilkan sebelumnya, Nissan akhirnya mengenalkan model sportcar Z. Mobil bergaya retro ini menjadi penerus dari model 370Z, sekaligus menjadi model generasi ke-7 dalam lini Z Series. Nissan Z tampil dengan gaya retro-sporty yang menjadi ciri khasnya. Selain itu desainnya disesuaikan dengan pasar saat ini.

Baca juga: Nissan Siap Rilis Terra Facelift… Di Thailand

Nissan Z Dengan Desain Retro-Sporty

Dari desainnya memang tak jauh berbeda dengan model yang pernah dikenalkan sebelumnya. Wheelbase pada Nissan Z tak jauh berbeda dengan pendahulunya, yaitu 2.550 mm, meskipun dengan dimensi yang sedikit lebih besar. Selain itu, desain mobil ini terinspirasi dari mobil klasik dalam Z Series.

Kemudian suspensi depan double wishbone dibuat menyatu dengan subframe aluminium serta caster yang ditingkatkan. Tentu semua ini akan meningkatkan stabilitas mobil secara signifikan, sehingga pengendaliannya bisa lebih baik. Sementara suspensi belakang multi-link hanya dipasangkan pada subframe mobil saja.

(Car and Driver)

Diproduksi Tahun Depan

Lalu untuk kelengkapan lainnya ada pelek 19 inci dari Rays, setir dengan electronic power steering, dan kekakuan bodi lebih baik dari sebelumnya. Yang namanya sportcar tentu ada sejumlah peningkatan pada bodi serta performa mesin mobil. Untuk pertama kalinya, model Z ini memakai mesin turbocharger, dan terakhir Nissan memakaikannya pada model 300 ZX.

Mesin 3.000 cc V6 twin turbo ini mampu menghasilkan tenaga hingga 400 hp dan torsi 475 Nm. Mungkin tak salah kalau menyebut model ini sebagai 400Z, karena tenaga yang dihasilkannya tersebut. Mesin Z dipadu dengan transmisi manual 6 percepatan dan otomatis 9 percepatan paddle shift.

Ada tiga varian yang disediakan, yaitu Sport, Performance, dan Proto Spec. Untuk harganya masih belum dipastikan, tapi Nissan menjanjikan pengalaman berkendara yang lebih baik dari model Z Series terdahulu.

1 COMMENT

Leave a Reply