Pengembangan Mesin Diesel Hybrid Toyota Sudah Dimulai!

0
(Toyota Europe Newsroom)

RiderTua.com – Meskipun kini sudah banyak mobil bensin hybrid yang ada di pasar, mobil diesel hibrida masih jarang ditemukan. Inilah yang membuat sejumlah produsen berlomba-lomba untuk menghadirkannya di pasar. Seperti Toyota yang baru saja memulai pengembangan mesin diesel hybrid. Dengan begitu mereka berharap bisa menerapkannya ke kendaraan komersial.

Baca juga: Toyota Land Cruiser GR Sport, Lebih Macho!

Toyota Memulai Pengembangan Mesin Diesel Hybrid

Sebenarnya mobil diesel hybrid bukanlah sesuatu yang baru, terlebih di Indonesia. Sebab Suzuki yang pertama kali mengenalkannya lewat Ertiga, dan sempat menjadi produk ramah lingkungan pertamanya di Tanah Air. Namun entah mengapa mereka tak lagi menghadirkan varian tersebut pada model generasi keduanya.

Kini giliran Toyota yang mengembangkan mesin diesel hibridanya sendiri. Nampaknya mereka belum puas dengan lini mobil hybrid yang dimilikinya sekarang, dari Prius hingga Alphard-Vellfire Hybrid. Terlebih hingga kini belum ada kendaraan komersil bertenaga hybrid (meski sudah ada versi listrik murninya).

(Tempo.co)

Truk dan Bus

Namun sepertinya Toyota ingin menerapkan mesin diesel tersebut untuk kendaraan komersil saja, seperti truk dan bus. Sebenarnya ada alasan tersendiri kenapa mereka hanya fokus mengembangkan mesin diesel hybrid untuk kendaraan besar. Ini karena hingga saat ini belum ada produsen yang menjual truk atau bus diesel hybrid.

Meski demikian, Toyota juga akan menerapkannya ke mobil penumpang, dengan Land Cruiser Prado yang mendapatkannya pertama kali. Namun untuk menghadirkan varian ini butuh waktu lama, mengingat pengembangannya baru saja dimulai. Paling lama Toyota bisa menjual versi diesel hybrid Prado mulai tahun 2024, setahun setelah model ini berganti generasi.

Dengan ini, bisa dikatakan kalau model niaga seperti Hiace juga akan mendapatkan kesempatan untuk memiliki varian hibrida. Tentu itu akan menjadi sesuatu yang bagus, mengingat sejauh ini belum ada minibus bermesin diesel hybrid.

Leave a Reply