Yamaha Patenkan Teknologi Hybrid, Tandanya…

1
(Yamaha Motor Europe)

RiderTua.com – Saat ini belum banyak motor bertenaga hybrid yang dijual di pasar. Dengan adanya Honda PCX e:HEV, nampaknya membuat Yamaha ingin mengeluarkan produk serupa. Yamaha diketahui tengah mengajukan paten teknologi hybrid yang diduga untuk TMAX. Jika benar, maka pada akhirnya PCX e:HEV punya lawan yang setara baginya.

Baca juga: Skutik Yamaha FreeGo Dapat Warna Baru!

Yamaha Ajukan Paten Teknologi Hybrid

Sebenarnya ini bukan pertama kalinya Yamaha mengembangkan teknologi hybrid untuk motornya. Sebab mereka sudah punya model Grand Filano Hybrid yang hanya dijual di Thailand dan Vietnam. Namun nampaknya produsen berlogo garpu tala ini ingin menghadirkan produk hibrida lebih banyak lagi.

Baru-baru ini Yamaha diketahui tengah mengajukan paten teknologi hybrid yang disebut mirip dengan Grand Filano. Hanya saja desain motornya tak seperti Grand Filano, melainkan berupa skutik bongsor Maxi. Walau kelihatan seperti NMAX, tapi dari desainnya lebih mirip dengan TMAX.

(Kompas Otomotif)

Saingi PCX e:HEV?

Sistem hybrid ala Yamaha ini memiliki sejumlah kelebihan, seperti mengurangi emisi yang dihasilkan serta meningkatkan performa mesin. Mesin bensin alias konvensionalnya hanya berfungsi ketika berada dalam putaran tertentu. Seperti mesin hybrid lainnya, teknologi ini juga memadukan baterai dan motor listrik.

Tentu ini akan menjadi sesuatu yang bagus, terutama untuk TMAX, yang menjadi skutik yang tengah dicari-cari oleh konsumen. Namun jika dipakaikan untuk model skutik bongsor seperti TMAX, dikhawatirkan ini akan berdampak pada bobot motornya. Bobot TMAX saat ini mencapai 220 kg, dan jika ditambah dengan teknologi hibrida, mungkin bisa bertambah beberapa kilogram.

Yang jelas, sepertinya dengan bocoran ini, Yamaha nampaknya mulai berani untuk menghadirkan teknologi hybrid untuk skutik Maxi-nya. Jika benar, sepertinya TMAX Hybrid bukanlah lawan yang cocok bagi PCX e:HEV karena perbedaan pada kapasitas mesinnya. Siapa tahu kalau TMAX Hybrid sukses, Yamaha bisa menerapkannya pada model lainnya seperti NMAX.

1 COMMENT

Leave a Reply