Ford Mau Patenkan Nama Skyline?

1
(Motor1)

RiderTua.com – Mendengar nama Skyline, tentu banyak orang sudah tahu kalau nama ini diberikan untuk mobil Nissan yang melegenda tersebut. Walau kini namanya sudah berganti menjadi GT-R, tapi nama aslinya masih terus dikenang sampai sekarang. Namun entah mengapa Ford tiba-tiba mendaftarkan nama Skyline lewat kantor paten. Padahal nama ini sudah digunakan oleh Nissan jauh sebelumnya. Waduh!

Baca juga: Ford dan Volkswagen Kerja Sama Garap Mobil Listrik

Ford Mendaftarkan Nama Skyline Lewat Paten

Mungkin kedengarannya aneh ketika ada produsen selain Nissan yang mendaftarkan nama Skyline. Tapi inilah yang terjadi, dimana Ford ketahuan mendaftarkan nama tersebut lewat Kantor Hak Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat. Nama ini akan didaftarkan sebagai nama kendaraan, entah itu SUV maupun truk.

Nama Skyline ini didaftarkan oleh Ford sejak tanggal 12 Juli 2021 lalu, dan sepertinya mereka baru saja mendaftarkannya. Kelihatannya mereka ingin menyiapkan nama untuk suatu produk terbaru ke depannya, tapi tentu ini menimbulkan kekhawatiran. Sebab nama ini sudah dipakai oleh Nissan jauh sebelum Ford.

(Road & Track)

Bakal Rebutan?

Ford sendiri belum pernah menggunakan nama Skyline, tak seperti Nissan. Entah karena Ford belum tahu kalau nama tersebut sudah dipakai oleh merek asal Jepang ini atau tidak, sebelum mendaftarkannya. Padahal kalau namanya sama persis, bisa-bisa Nissan menuntut Ford karena menggunakan nama Skyline.

Sebenarnya Nissan sudah tak memproduksi Skyline dan diganti dengan model GT-R yang lebih modern. Tapi tetap saja, karena nama ini sudah melegenda, entah apakah nanti keduanya bakal berselisih gara-gara Skyline. Walau sebenarnya Ford bisa mengakalinya dengan ‘cara’ yang sama dengan Tata.

Produsen asal India ini pernah mengeluarkan produk Tata Harrier, dan tentu saja nama ini sama persis dengan Toyota Harrier yang hadir lebih dulu. Akibatnya, Toyota tak terima dan meminta Tata untuk mengganti namanya. Tata kemudian mengganti namanya menjadi Tata Buzzard, walau hanya dijual di sejumlah negara.

Entah apakah suatu saat nanti Nissan akan mengetahui nama Skyline dipatenkan oleh Ford atau tidak. Tapi nampaknya Ford harus bersiap menghadapi tuntutan, seperti yang terjadi pada Tata.

1 COMMENT

Leave a Reply