Ford dan Volkswagen Kerja Sama Garap Mobil Listrik

1
(WSJ.com)

RiderTua.com – Dengan semakin cepatnya perkembangan mobil listrik di seluruh dunia, membuat produsen mengejar ketertinggalannya. Namun tak sedikit ada yang menggandeng merek lainnya untuk menggarap EV (electric vehicle). Seperti Ford dan Volkswagen yang pada akhirnya berkolaborasi untuk membuat mobil listrik. Kerja sama ini ditandai dengan dihadirkannya Mustang Mach-E pada tahun 2023.

Baca juga: Pikap Listrik Ford Sudah Dipesan 20 Ribu Unit!

Ford dan Volkswagen Berkolaborasi Membuat Mobil EV

Baik Ford maupun Volkswagen memang berbeda, karena keduanya berasal dari benua yang berjauhan satu sama lain. Terlebih Volkswagen memiliki banyak merek mobil yang dipegangnya, dari Lamborghini, Bentley, Bugatti, sampai Porsche. Sementara Ford menjadi produsen mobil yang sangat dikenal di Amerika Serikat.

Mungkin banyak yang takkan menyangka kalau keduanya akan bekerja sama demi mobil listrik. Dengan ini, Ford bisa meminjam platform mobil dari VW untuk diterapkan pada produk-produknya, salah satunya Mustang Mach-E. Mobil listrik ini bakal dirilis tahun 2023 di Eropa, artinya menandakan kalau model tersebut siap dirakit disana.

(Motor1)

Sudah Disiapkan

Untuk persiapan produksinya, keduanya rela mengeluarkan dana hingga 1 miliar dolar AS, dan mobil listrik ini akan diproduksi di Jerman. Selain Mustang Mach-E, masih ada mobil lainnya yang akan dirilis nantinya berupa hasil kerja sama Ford-VW. Seperti Fiesta Supermini yang akan menjadi mobil pertama yang dirakit Ford di Eropa.

Tak sampai disitu saja, Ford bakal meminjam platform VW ID 4 untuk dikembangkan sebagai produknya sendiri. Selain mobil penumpang, Ford-VW juga menyiapkan produk kendaraan komersial yang juga bertenaga listrik murni. Entah akan jadi seperti apa produknya tersebut, tapi kedengarannya menarik kalau produk ini bakal menyaingi merek Jepang.

Untuk produk selain yang disebutkan sebelumnya, Ford tak mau berkomentar banyak untuk sekarang. Mereka ingin menyimpan semua rahasia tersebut dari semua orang sampai waktu yang tepat untuk meluncurkannya.

1 COMMENT

Leave a Reply