Volkswagen Mau Ungguli Tesla? Boleh, Asal…

1
(Car and Driver)

RiderTua.com – Saat ini Tesla menjadi pemimpin pasar mobil listrik di seluruh dunia. Tapi ternyata ini membuat produsen lainnya berusaha untuk mengejar ketertinggalannya dan mengungguli Tesla. Volkswagen menjadi salah satunya yang ingin mendominasi pasar mobil listrik global. Tapi tentu saja ini bisa dicapai, asalkan dengan berbagai dukungan dari berbagai aspek.

Baca juga: Volkswagen Siap Rilis ID Buzz Tahun Ini?

Volkswagen Ingin Mendominasi Pasar Mobil Listrik Global

Segmen mobil ramah lingkungan mulai terisi oleh berbagai macam produk dari sejumlah produsen mobil terkemuka. Dari Toyota, Mitsubishi, sampai Mercedes-Benz sudah menjual sejumlah varian, entah itu hybrid, PHEV, listrik, bahkan hidrogen. Masing-masing merek menguasai segmennya tersendiri.

Tapi bicara soal mobil listrik, tentu Tesla juaranya, dengan berbagai produk yang ditawarkannya di pasar. Model S, 3, X, Y, sampai Semi dan Cybertruck, semuanya bagus-bagus dan cukup dikenal oleh masyarakat luas. Ternyata kesuksesan Tesla mulai diikuti oleh produsen lainnya, seperti Volkswagen.

(Tesla)

Andalkan ID Series

Merek asal Jerman ini agak tertinggal dari Tesla soal menghadirkan mobil listrik. Tapi sekarang mereka sudah punya ID Series sebagai lini mobil EV, dan VW akan mengejar ketertinggalannya tersebut. Angka penjualan dari model listrik tersebut dirasa sudah cukup bagi VW untuk memulai ekspansinya di segmen EV.

Tapi tentu untuk bisa menyusul Tesla, Volkswagen harus menyiapkan sejumlah strategi khusus pengembangan mobil listrik. Seperti persiapan investasi khusus EV, termasuk investasi baterai dan sasis mobil yang dirasa cukup penting bagi mereka. Tentu tak mudah untuk mengembangkan teknologi untuk EV, terlebih untuk produk yang dikenal dengan kualitas terbaik.

Baterai ini akan diproduksi di enam pabrik miliknya, dan dengan ini VW bisa menekan harga mobil EV menjadi lebih terjangkau. Mungkin mereka belum dapat menguasai pasar Amerika untuk sekarang, tapi lebih baik VW menguasai pasar Eropa terlebih dahulu. Mengingat mobil ramah lingkungan yang paling banyak dicari di kawasan ini.

1 COMMENT

Leave a Reply