Mercedes-Benz Mau Gabungkan Tiga Sub Brand-nya?

1
(Evo)

RiderTua.com – Sebagai salah satu merek mobil yang cukup terkenal di seluruh dunia, Mercedes-Benz memiliki banyak sub-brand. Dari Maybach hingga AMG, semuanya menghasilkan produk dengan kualitas yang sudah tak bisa diragukan lagi. Namun tiba-tiba Mercedes-Benz ingin menyatukan tiga sub-brand miliknya, yang terdiri dari AMG, Maybach, dan G-Class. Ini dilakukan sebagai langkah restrukturisasi perusahaannya.

Baca juga: Mercedes-Benz Resmi Kenalkan Truk Listrik eActros

Mercedes-Benz Ingin Menyatukan Tiga Sub-Brand-nya

Masing-masing sub-brand tersebut sudah dikenal cukup lama di seluruh dunia. G-Class menjadi lini mobil SUV klasik yang ikonik dan masih dicari konsumen sampai sekarang. Maybach adalah divisi ‘super mewahnya’ Mercy, sedangkan AMG adalah divisi sport yang menangani sejumlah varian sport untuk sejumlah model mobil.

Tentu sub-brand ini memiliki keahlian di bidangnya masing-masing, jadi apa tujuan Mercy menggabungkan ketiganya? Ternyata ini adalah bagian dari rencana restrukturisasi dari perusahaan asal Jerman tersebut, tapi bukan berarti mereka mau bangkrut, ya. Restrukturisasi ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas serta keuntungan dari penjualan mobilnya.

(Mercedes-Benz Indonesia)

Dilakukan Tahun Ini

Entah apakah restrukturisasi ini ada hubungannya dengan kondisi pasar yang terjadi selama beberapa bulan terakhir. Memang sejak tahun 2020 lalu, keadaan pasar otomotif global mengalami penurunan drastis dan berdampak pada hasil penjualan yang didapat. Mercedes-Benz juga ikut kena, walau dampaknya tak separah produsen lainnya.

Walau begitu, bukan berarti AMG, Maybach, dan G-Class akan kehilangan identitasnya begitu saja. Mereka akan tetap memberikan inovasi sesuai ‘ciri khasnya’ masing-masing, atau dalam arti lain ketiganya tetap bekerja seperti biasa. Seperti mengembangkan produk terbaru, namun dengan kekuatan brand-nya yang sudah ditingkatkan dan ditajamkan setelah melakukan merger.

Kedengarannya menarik, tapi semoga saja dengan merger ini takkan merusak kualitas produk yang dihasilkannya. Sebab yang namanya Mercedes-Benz tentu tak bisa lepas dari kualitasnya yang jempolan. Siapa tahu merger tersebut akan membuat G-Class kembali diperhatikan oleh Mercy.

1 COMMENT

Leave a Reply