Ini Bedanya Mesin 1.200 cc Milik Rocky Dengan Sigra

1
(Kendara)

RiderTua.com – Toyota dan Daihatsu sudah mengenalkan varian mesin 1.200 cc untuk Raize dan Rocky. Sehingga dengan ini Indonesia menjadi yang pertama mendapat Rocky-Raize varian 1.2. Banyak yang menduga kalau Rocky menggendong mesin 1.200 cc yang sama dengan LCGC Sigra. Walau sebenarnya ada perbedaan diantara keduanya.

Baca juga: Ini Hasil Penjualan Mobil Daihatsu Periode Januari-Mei 2021

Mesin 1.200 cc Rocky Sama Dengan Sigra?

Walau juga dipakaikan pada Raize, sebenarnya mesin 1.200 cc naturally-aspirated (n/a) ini dikembangkan oleh Daihatsu sendiri. Mesin ini kedengarannya identik dengan mesin yang dipakaikan pada salah satu produk LCGC Daihatsu, yaitu Sigra. Memang keduanya memiliki kapasitas yang sama, tapi tentu ada perbedaannya juga.

Astra Daihatsu Motor (ADM) menjelaskan perbedaan mesin 1.200 cc pada Rocky dan Sigra terletak pada kodenya. Jika mesin Sigra berkode NR-engine, mesin Rocky memakai kode WA-VE. Jumlah silindernya juga berbeda, dimana Sigra mengusung empat silinder, sedangkan Rocky masih tiga silinder.

(Carvaganza)

Beda Jenis

Walau hanya memakai tiga silinder, mesin naturally-aspirated yang dimilikinya memberikan keunggulan tersendiri bagi Rocky. Efisiensi bahan bakarnya jauh lebih baik dari Sigra, dengan berkendara normal, Rocky hanya membutuhkan 18-19 km/liter saja. Lalu soal tenaganya, Rocky mampu menghasilkan tenaga sebesar 113 hp, lebih besar dari Sigra.

Memang karena keduanya berupa jenis mobil yang berbeda, dimana Sigra berupa LCGC sedangkan Rocky adalah SUV. Kebanyakan SUV membutuhkan mesin yang lebih bertenaga untuk memberikan performa maksimal. Tapi soal efisiensi bahan bakar, Rocky masih terbilang cukup hemat ketimbang Sigra (atau Raize dengan Calya).

Tapi itu semua kembali pada konsumen, mau pilih mesin 1.000 cc turbo atau 1.200 cc n/a, bisa dipilih sesuai selera masing-masing. Yang jelas, Rocky-Raize menjadi produk ‘penggebrak’ segmennya dengan membawa sejumlah keunggulan. Seperti membawa sebagian fitur keselamatan yang canggih, sampai pilihan mesin yang berbeda dari model biasanya.

1 COMMENT

Leave a Reply