Yamaha FZ-X ‘XSR 155’ Resmi Dirilis di India

1
(The Financial Express)

RiderTua.com – Beberapa waktu lalu, Yamaha meluncurkan motor terbarunya bernama XSR 155. Tapi produsen sepeda motor ini baru menghadirkannya di India sebagai FZ-X. Yamaha FZ-X ini membawa spesifikasi dan penampilan yang mirip dengan XSR 155. Hanya saja dengan sedikit perbedaan pada mesinnya.

Baca juga: Yamaha NMAX Dapat Dua Warna Baru di Malaysia

Yamaha FZ-X Membawa Spek dan Tampilan Mirip XSR 155

Entah mengapa Yamaha tak membawa model XSR 155 dan sebagai gantinya dihadirkan model FZ-X. Meski demikian, keduanya nampak hampir sama persis jika dilihat sekilas. Dari tangki bensin model teardrop, lampu depan berbentuk bulat, serta aksen aluminium bisa ditemukan pada FZ-X, dan kesan retro-nya masih terasa kental.

Spatbor belakang ditambahkan behel, tak seperti XSR 155. Setangnya dibuat lebih lebar untuk memberikan posisi berkendara yang lebih baik dan nyaman. Walau suspensi depannya masih mengandalkan model teleskopik, tapi tidak dengan suspensi belakangnya yang sudah memakai monoshock.

(BikeWale)

Motor Neo Retro

Perbedaannya dari XSR 155 yaitu panel instrumennya yang sudah mendukung koneksi Bluetooth serta ponsel lewat aplikasi khusus. Memang keduanya sama-sama memiliki panel instrumen full digital, tapi tak secanggih FZ-X. Tentu ini memberikan kemudahan lebihbagi penggunanya saat berkendara dalam jarak dekat maupun jauh.

Mesinnya juga berbeda, dimana FZ-X memakai mesin berbasis Byson, sedangkan XSR 155 dari basis YZF-R15. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 12,2 hp dan torsi 13,3 Nm, dipadu dengan transmisi 5 percepatan. Walau kelihatannya simpel, tapi FZ-X sudah dilengkapi dengan rem ABS untuk memberikan pengereman yang lebih maksimal.

Di India, motor ini dibanderol dengan harga Rp 22,6 jutaan, dan mungkin itu harga yang cocok untuk motor neo retro tersebut. Sayangnya baik FZ-X maupun XSR 155 belum disebar ke negara lain termasuk Indonesia, entah karena urung menjualnya dengan alasan selain belum melakukan survei pasar. Tapi setidaknya motor ini begitu cocok dijadikan alternatif bagi mereka yang menginginkan motor bergaya retro dengan harga terjangkau.

1 COMMENT

Leave a Reply