Proton Mau Kembali Jualan di Indonesia?

1
(iharoon.info)

RiderTua.com – Masih ingat dengan Proton? Merek mobil asal Malaysia ini pernah berjaya di pasar roda empat Indonesia, sebelum ‘menghilang’ tanpa jejak. Ternyata mereka tak berjualan disini lagi karena kalah saing dengan merek mobil Jepang dan Eropa. Kini Proton bertekad untuk kembali hadir di Tanah Air setelah sekian lama. Mereka melakukan ini untuk bisa menjadi merek mobil terlaris ketiga di pasar ASEAN.

Baca juga: Ada Perlambatan Penjualan Mobil Pada Mei 2021, Kenapa?

Proton Bakal Kembali Hadir di Tanah Air

Di Indonesia, Proton hanya dikenal dengan sejumlah kecil produk unggulannya seperti MPV Exora. Mereka juga pernah ‘berkolaborasi’ dengan Suzuki untuk menghadirkan Proton Ertiga disini, walau kini tak lagi dijual setelah generasi keduanya dirilis. Memang Ertiga yang satu ini berupa model rebadge dari generasi pertama versi facelift.

Terakhir mereka menghadirkan Iriz di Tanah Air pada tahun 2017 silam sebelum ‘menghilang’ dari pasar begitu saja. Proton sempat menjanjikan model SUV X70 yang berupa hasil kerja samanya dengan Geely (yang juga memegang saham Proton) untuk dijual disini. Tapi sampai sekarang mobil tersebut belum juga diluncurkan.

(Liputan 6)

Hadirkan Produk Baru atau Lama?

Hingga pada akhirnya Proton akan serius menggeluti penjualannya di Indonesia setelah sukses di kampung halamannya. Tentu ada alasan utama mereka melakukan ini, yaitu ingin menjadi satu dari tiga merek mobil terbesar di kawasan Asia Tenggara. Mereka juga akan memperbanyak jaringan dealernya, entah itu di Indonesia maupun Thailand.

Entah apakah Proton bakal menghadirkan produk lama atau baru, atau setidaknya model X70 yang pernah dijanjikan sebelumnya. Terlebih mereka harus kembali berhadapan dengan kompetitor lamanya seperti Toyota dan Suzuki, serta merek asal Negeri Tirai Bambu yang mulai bangkit kembali. Wuling, DFSK, dan MG menjadi tiga merek senegara dengan Geely yang bakal menyambut kembalinya Proton di Indonesia.

Tapi tentu ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi Proton untuk menghadirkan produk berkualitas di Tanah Air. Kita tunggu saja inovasi yang akan dihadirkan oleh merek asal Negeri Jiran tersebut.

1 COMMENT

Leave a Reply