Marquez Perkenalkan Aerodinamis Baru Mirip Yamaha

1

RiderTua.com – Marc Marquez homologasi aerodinamis (sayap) baru di Honda RC213V-nya yang muncul pada sesi latihan bebas pertama FP1.. Marquez memimpin latihan bebas pertama akhir pekan ini di Sachsenring, sebuah sirkuit di mana dia mengumpulkan 7 kemenangan di kelas MotoGP berturut-turut antara tahun 2013 dan 2019, jadi tidak diragukan lagi, ini adalah skenario yang tepat untuk melanjutkan rekor ini. Dalam latihan pertama itu, Marc turun ke trek dengan paket aerodinamis baru, di mana desain sirip yang sama sekali berbeda dapat terlihat dengan jelas. Sepintas dari foto itu terlihat bahwa spoiler baru ini jauh lebih membulat, lebih mirip style Yamaha M1. Sementara untuk model lain (air intake) juga mirip dengan milik Yamaha. Oleh Puig dikatakan bahwa hanya Marc yang disetujui untuk memakai ‘sayap Yamaha’ ini..

Marquez Perkenalkan Aerodinamis Baru Mirip Yamaha

Menurut peraturan saat ini, semua pembalap harus melakukan homologasi aerodinamis pada awal musim dan, selama sisa tahun, mereka memiliki hak untuk memperbarui, dapat menggunakan keduanya setelah homologasi kedua.

Sepintas, pada bagian winglet yang dipakai Marc Marquez terlihat jauh lebih membulat, lebih mirip Yamaha, letaknya lebih rendah dari yang sebelumnya, yang jauh lebih persegi, dengan sisi dipotong lurus, sedangkan yang baru memiliki hasil akhir yang lebih oval.

Untuk saat ini, hanya Marquez yang memakai profil baru itu, sementara pembalap HRC lainnya, Pol Espargaro, Alex Marquez dan Takaaki Nakagami, desain yang digunakan masih memakai model Honda awal musim ini.

“Katakanlah bahwa tidak mungkin semua orang ingin memakai yang sama dan bagaimana itu bisa dilakukan per pembalap, kami telah menyetujuinya hanya untuk Marc untuk saat ini”, kata Alberto Puig, Manajer Tim Honda, ketika ditanya tentang hal itu.

Ada juga kemungkinan Honda hanya mampu memproduksi sejumlah kecil sayap baru sejauh ini, sehingga pembalap HRC lainnya harus menunggu. Dengan evolusi ini, Marquez tidak akan lagi dapat mengubah aerodinamis Honda-nya, yang akan mempertahankan keduanya tetap digunakan, sementara pembalap lainnya memiliki pilihan untuk mengadopsinya atau menunggu nanti jika selama balapan tak ada masalah.

1 COMMENT

Leave a Reply