Honda Indonesia Belum Tertarik Bawa Mobil Listrik

1
(AutoEvolution)

RiderTua.com – Mobil listrik belum banyak dihadirkan di Indonesia, walau Lexus serta Hyundai sudah menghadirkannya lebih dulu. Memang karena produsen lainnya tengah mempersiapkan diri untuk memproduksi EV (electric vehicle). Namun lain dengan Honda yang tak berencana untuk merilis mobil listrik di Indonesia. Walaupun pemerintah bakal memberikan keringanan untuk model ramah lingkungan.

Baca juga: Stok Mobil Honda Mulai Menipis di Indonesia?

Honda Tak Berencana Merilis Mobil Listrik di Indonesia

Beberapa waktu lalu, pemerintah Indonesia menyiapkan insentif khusus mobil ramah lingkungan. Dengan begitu, diharapkan semua jenis model eco-friendly bisa dihadirkan di Tanah Air, entah itu jenis hybrid, PHEV, listrik murni, atau bahkan hidrogen. Sejauh ini, baru ada segelintir mobil listrik yang ada di Indonesia.

Walau demikian, baru ada dua merek mobil yang menjual model EV ke publik, seperti Hyundai dengan Kona dan Ioniq EV serta Lexus dengan UX 300e. Sementara produsen lainnya masih merilis model hibrida, atau paling tidak PHEV. Tapi tidak dengan Honda, yang tak memiliki model ramah lingkungan sama sekali di Tanah Air.

(carsluxuryauto.com)

Masih Pikir-pikir?

Honda Prospect Motor (HPM) sendiri mengaku kalau mereka belum tertarik untuk menghadirkan mobil ramah lingkungan jenis apapun di Indonesia. Entah apakah mereka masih pikir-pikir untuk memilih model mana yang cocok untuk diluncurkan atau tidak. Yang jelas, mereka belum bisa merilis model listrik atau hybrid, setidaknya untuk sekarang.

Walau demikian, bukan berarti Honda tak peduli dengan segmen mobil ramah lingkungan, karena mereka punya strateginya sendiri. Sebelum fokus ke situ, mereka sudah memberikan sejumlah produk dengan mesin bensin berstandar emisi Euro 4. Sebab insentif tersebut akan memberlakukan pajak tinggi untuk mobil yang menghasilkan emisi lebih tinggi.

Honda juga telah mengembangkan mesin yang lebih hemat bahan bakar serta tentu saja ramah lingkungan. Baru setelah semuanya beres, Honda bisa beralih ke model ramah lingkungan, dengan target pada tahun 2030 bisa memproduksi lebih banyak mobil listrik.

1 COMMENT

Leave a Reply