Ada Masalah Besar Marc Marquez dan Honda

1

RiderTua.com –  Antara Marc Marquez dan Honda, ada masalah besar yang harus diselesaikan. Ban depan Michelin baru untuk musim MotoGP 2021 terbukti bermasalah. Dan Marc Marquez belum bisa menjinakkan bagian depan (Front End) Honda-nya. Seri selanjutnya di Mugello, bahu kanan Marc juga masih menimbulkan keraguan. “Dua musim dingin yang lalu saya menjalani operasi di bahu kanan saya, yang tidak pulih 100% dari operasi, karena ada kerusakan pada beberapa saraf di bahu saya. Semua hal ini membuat rehabilitasi semakin sulit,” kata juara enam kali MotoGP itu. Dalam situasi seperti itu menjadi tidak mungkin untuk kembali menerapkan gaya agresifnya untuk seluruh balapan yang panjang di Mugello (23 lap). Tikungan ke kanan tetap menjadi masalah rumit-nya saat ini, dan dia berusaha mengimbanginya di tikungan ke kiri dengan lebih agresif. Inilah alasannya kenapa dia banyak jatuh di tikungan kiri. “Di tikunagan kiri saya merasa sangat baik, saya merasa normal, jadi saya mencoba untuk memacu di sana,” ujarnya.

Ada Masalah Besar Marc Marquez dan Honda

Tidak hanya fisiknya saja, tapi juga masalah teknisnya. Manajer tim Alberto Puig meminta para teknisi untuk segera melakukan intervensi pada RC213V. Apa artinya? Pengujian musim dingin yang panjang yang dilakukan oleh Stefan Bradl tidak berguna?. Penyeragaman ban dan elektronik dirancang dengan tepat oleh Dorna untuk meningkatkan pertunjukan. Kesulitan adaptasi dengan ban semakin beragam.. Sekarang banyak hal bergantung pada gaya balap dan kemampuan mereka untuk menghemat ban.

Dan ban Michelin, yang berubah dari tahun ke tahun membuat pusing pembalap dan tim. Di musim MotoGP 2021, Michelin menghadirkan ban depan yang lebih asimetris dan menyederhanakan rentang 2020 dengan menghilangkan varian yang jarang digunakan. Honda RC213V memiliki kekuatan pada pengereman dan tikungan masuk, sehingga perasaan nyaman dengan bagian depan menjadi hal yang mendasar. Tapi ban depan asimetris ini merupakan pengecualian dalam pilihan pembalap di tahun ini. Tinggal memilih dua ban depan simetris lainnya. Untuk alasan ini, para insinyur Honda, dan juga dari KTM, bekerja secara ekstensif pada motornya untuk beradaptasi dengan ban depan yang baru. Ini bukan fakta kecil yang bahkan bisa mempersulit juara sekaliber Marc Marquez.

1 COMMENT

Leave a Reply