Alberto Puig: Sekali Juara Tetap Juara Tunggu Hingga Marc Marquez Siap

1

RiderTua.com – Alberto Puig: Sekali juara tetap juara tunggu hingga Marc Marquez siap… Karena alasan kesehatan, manajer Repsol Honda Alberto Puig tak hadir di paddock MotoGP dalam dua balapan yakni di Portimao dan Jerez. Dan saat dia hadir di Le Mans, betapa senangnya Puig saat melihat Marc mampu memimpin balapan meski hanya beberapa saat. Namun pada akhirnya rider asal Spanyol itu harus menyerah setelah dua kali crash. Meski begitu, torehan 3 pembalap Honda lainnya sedikit menghiburnya. “Marc tidak fit 100 persen, dia harus bangkit sedikit demi sedikit. Di sisi lain, kami harus memperkuat motor dan teknisi kami sedang mengerjakannya, mereka tahu kerangka waktu untuk tugas ini,” tegas Puig…

Alberto Puig: Sekali Juara Tetap Juara Tunggu Hingga Marc Marquez Siap

Lebih lanjut Alberto Puig mengatakan, “Inti dalam balapan adalah, sekali juara, tetap juara. Marc melihat peluang untuk menang, bahkan dalam kondisi fisiknya yang tak memungkinkan dia tetap mencobanya. Dia memimpin balapan, namun tak lama kemudian crash saat menjadi pembalap tercepat di lintasan.”

“Sangat disesalkan dia kembali terjatuh. Tapi semangat dan kemauannya luar biasa. Pada akhirnya, tentu saja kami tidak puas dengan hasilnya. Tapi kami senang, akhirnya bisa melihat lagi Marc yang asli. Dimana kami belum menemukannya dalam beberapa bulan terakhir.”

Pol Espargaro membawa Honda di posisi ke-8 setelah melakukan highsider di awal balapan, dimana dia terlibat konflik dengan Franco Morbidelli dan Valentino Rossi. “Pol mengalami insiden di awal balapan, jadi dia harus berjuang mundur dari belakang. Tak masalah, dia akan lebih cepat. Posisinya tidak buruk, tapi kami berharap lebih dari dia,” ujar Puig.

“Setelah start, sangat menyenangkan melihat Marc memimpin, dan dia melaju secara impresif bahkan setelah crash pertama. Pembalap Honda lainnya kehilangan banyak waktu di awal balapan, jadi mereka berlaga di lini tengah. Dari setengah balapan, targetnya hanya mencapai garis finis. Pada akhirnya, Bagnaia lebih cepat ketimbang pembalap kami. Pada akhirnya, kami tidak puas dengan hasil pembalap Honda di Le Mans,” ungkap mantan pembalap GP itu.

Bagaimana Honda menilai performa Marc Marquez? Puig menjawab, “Yang benar-benar membedakan pembalap adalah semangatnya. Marc menunjukkan sikap itu pada hari Minggu. Setelah berbulan-bulan dia tidak pernah menyerah, dan di Le Mans kami melihat bahwa dia memiliki peluang bagus untuk menang. Dia benar-benar ingin menang, cepat atau lambat itu akan terjadi. Saat ini dia belum siap secara fisik, tetapi HRC tahu itu dan kami akan menunggu sampai dia siap.”

Bagaimana perkembangan Honda sejauh ini? “Saat ini kami sedang menghadapi sejumlah masalah, seperti yang kami sebutkan di Jerez. Kami tidak bisa menyembunyikan masalah kami, kami harus meningkatkan RC213V secara signifikan,” jelas mantan pembalap asal Spanyol itu usai GP Prancis.

“Marc tidak fit 100 persen, dia harus bangkit sedikit demi sedikit. Di sisi lain, kami harus memperkuat motor dan teknisi kami sedang mengerjakannya, mereka tahu kerangka waktu untuk tugas ini. Dua balapan berikutnya di Mugello dan Barcelona adalah dua trek yang sangat menuntut, dan kami membutuhkan mesin yang sangat seimbang di sana. Kami akan menyiapkan beberapa solusi untuk ini,” pungkas Puig yakin.

1 COMMENT

Leave a Reply