Toyota Proace City EV Dirilis Akhir Tahun Ini

1
(Autobala)

RiderTua.com – Mungkin semua orang masih belum kenal dengan Toyota Proace City. Mobil MPV berbasis Citroën Berlingo ini memang hanya dijual terbatas di negara-negara Benua Eropa. Kini Toyota mengkonfirmasi kehadiran Proace City EV pada akhir tahun 2021. Dari namanya sudah jelas kalau mobil ini bakal mengandalkan tenaga listrik murni.

Baca juga: Toyota GR Corolla Dihadirkan Tahun Depan?

Toyota Proace City EV Hadir Pada Akhir Tahun 2021

Mungkin nama Proace sekilas mirip dengan Town Ace, MPV kembaran Daihatsu Gran Max Van di Jepang. Hanya saja Proace termasuk varian City didesain lebih cakep ketimbang Town Ace, sepertinya diperuntukkan sebagai mobil penumpang. Walaupun secara desain masih mirip dengan model basisnya, Berlingo.

Sebenarnya ini bukan pertama kalinya Toyota mengenalkan Proace City EV kepada publik, karena mereka pernah melakukannya sekitar dua tahun lalu. Entah mengapa mereka baru mengenalkannya pada tahun ini, mungkin karena merek asal Jepang tersebut masih menyiapkan tempat produksinya. Yang jelas, pada akhirnya Proace City bertenaga listrik sudah siap dijual.

(Carscoops via Kompas Otomotif)

MPV Listrik di Eropa

Dari desain bodi mobil, sekilas masih sama dengan Berlingo, hanya saja dengan bentuk fascia yang berbeda dan disesuaikan dengan gaya Toyota. Proace City EV akan hadir dalam sejumlah varian, dari van biasa sampai blind van untuk keperluan niaga. Interiornya juga nampak simpel, dengan head unit yang terpasang ditengah dasbor.

Proace City EV mengandalkan motor listrik bertenaga 134 hp dan torsi 260 Nm, dipadu dengan baterai 50 kW. Untuk pengisian daya baterai sampai penuh hanya membutuhkan waktu 7,5 jam, dan ini mungkin masih cukup lambat. Tapi untuk mobil MPV, itu saja sudah cukup, terlebih mobil dapat berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 11,2 detik.

Kelihatannya cukup menarik, walau sayangnya mobil ini hanya tersedia di Benua Eropa saja. Kalau saja dihadirkan di Indonesia, maka DFSK Gelora EV bakal memiliki rival yang setara dengannya. Memang keduanya sama-sama berupa MPV bongsor pintu geser dengan tenaga listrik murni.

1 COMMENT

Leave a Reply