All New Kia Carnival Jalani Crash Test, Ini Hasilnya

1
(Carsales)

RiderTua.com – Carnival baru saja mendapat perombakan total yang mengubah penampilan serta spesifikasinya. Tentu ini membuat mobil MPV bongsor pesaing Toyota Innova tersebut tampil makin mewah dan modern. Baru-baru ini Kia Carnival menjalani tes tabrak atau crash test yang dilakukan oleh NCAP (New Car Assessment Program) Australia. Hasilnya ternyata cukup mengejutkan dari yang diduga.

Baca juga: Kia Sonet 7, Dimensinya Nggak Berubah?

Kia Carnival Menjalani Tes Tabrak NCAP Australia

Carnival (Grand Sedona di Indonesia) generasi keempat ini hadir dengan membawa ubahan yang sangat drastis dari luar ke dalam. Ubahan besar tersebut menunjukkan kalau Kia masih menaruh perhatiannya pada MPV unggulannya tersebut, meskipun mereka sudah sukses dengan model SUV. Tapi tetap saja kualitas serta keselamatan penggunanya juga diutamakan agar memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik.

Untuk membuktikannya, mobil ini ‘diajak’ mengikuti tes tabrak NCAP Australia. Hasilnya? Carnival 2022 meraih rating lima bintang, cukup mengesankan untuk sebuah mobil yang baru dirilis ke publik. Fitur keselamatannya juga mengambil peran penting dalam pencatatan hasil tersebut.

(MotorBiscuit)

Hasil Bagus

Saat dilakukan uji tabrak bagian depan, Carnival dapat meredam benturan keras dengan sangat baik, bahkan untuk ukuran MPV. Begitupun dengan tes tabrak bagian samping, belakang, tiang samping, sampai depan penuh, semuanya mencatatkan hasil yang bagus. Semua ini karena Carnival yang dirancang begitu baik dalam meredam benturan.

Untuk pengujian fitur, semua airbag (depan dan samping) dapat mengembang dengan baik ketika terjadi tabrakan. Sistem pengereman daruratnya juga berfungsi baik, dengan mendeteksi adanya pejalan kaki atau pesepeda, mobil dapat berhenti secara otomatis. Desain bumper depan dan kap mesinnya sudah disesuaikan dengan norma keselamatan pejalan kaki, sehingga dapat mengurangi cedera serius bagi pejalan kaki.

Dengan hasil yang begitu baik tersebut, membuat Carnival semakin unggul dalam sisi keselamatan pengguna mobil maupun jalanan. Tak heran jika mobil ini bisa dibanderol dengan harga yang lumayan mahal, tapi fiturnya sudah cukup mumpuni.

1 COMMENT

Leave a Reply