Rocky Versi Indonesia dan Jepang Ternyata Beda, Lho

0
(Okezone Oto)

RiderTua.com – Daihatsu Rocky sudah dihadirkan di Indonesia setelah sukses besar di Jepang. Tak seperti model lainnya, mobil ini dirakit lokal oleh Astra Daihatsu Motor (ADM) sendiri, termasuk Toyota Raize. Kalau dilihat Daihatsu Rocky rakitan Indonesia dengan Jepang nampak sama saja. Hanya saja perbedaan yang bisa terlihat yaitu pada spesifikasi serta fiturnya.

Baca juga: Harga Rocky dan Raize di Indonesia, Murah Meriah?

Perbedaan Daihatsu Rocky Rakitan Indonesia dan Jepang

Rocky memang berupa kembarannya Raize, hanya saja dengan desain yang berbeda jauh. Walaupun begitu, keduanya sama-sama memakai platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture), jadi tak heran kalau Daihatsu yang merakitnya. Meskipun untuk urusan mobil kembar, produsen ini dianggap sudah ahlinya.

Jika dibandingkan dengan modelnya yang dijual di kampung halamannya, Rocky tak memiliki perbedaan yang begitu nampak. Dari desain eksterior serta interiornya sama saja, walau dirakit di dua negara berbeda. Jadi apa bedanya? ADM mengungkapkan perbedaannya terletak pada sedikit spesifikasinya.

(Gempak)

Rocky dan Ativa

Perbedaannya dengan modelnya di Jepang yaitu ban dan bumper belakangnya dibuat lebih tebal. Untuk bannya sengaja dibuat lebih lebar agar bisa menyesuaikan dengan kondisi jalan di Tanah Air. Tak heran kalau Rocky versi Indonesia memiliki dimensi sedikit lebih besar ketimbang versi Jepang.

Lalu untuk fitur keselamatannya memang masih sama, yaitu Daihatsu Advance Safety Assist, hanya saja jumlah fungsinya berbeda. Kalau di Indonesia hanya ada enam fungsi, di Jepang bisa mencapai 12 fungsi. Entah apa yang membuat Daihatsu mengurangi enam fungsi lainnya, mungkin agar harganya bisa lebih terjangkau dari kembarannya, Raize.

Jika membandingkan Rocky dengan versi lainnya di Malaysia, yaitu Perodua Ativa, bisa beda cerita. Sebab Ativa memiliki ‘TKDN’ yang jauh lebih tinggi dari Rocky, yaitu 95 persen, sedangkan Rocky hanya 70 persen. Terlebih fiturnya juga lumayan lebih lengkap dari Rocky dua negara, namun dengan harga terjangkau.

Leave a Reply