Categories: MotoGP

Ada yang Kurang di Paddock Repsol Honda, Kemana Alberto Puig ?

RiderTua.com –  Ada yang kurang di garasi tim Repsol honda hari Minggu lalu. Yup, Manajer tim Repsol Honda Alberto Puig tidak tampak hadir saat comeback sensasional Marc Marquez di Portimao. Kembalinya bintang MotoGP itu telah mereka tunggu selama 265 hari. Untuk diketahui, Puig bertanggung jawab atas Marc sejak awal seri junior ‘Red Bull Rookies Cup’ tahun 2007 silam. Pihak HRC (Honda Racing Corporation) memberi pengumuman singkat mengenai hal ini, tanpa memberi penjelasan lebih lanjut. Momen comeback-nya Marquez seharusnya dia yang terdepan membuat pernyataan di media.

Ada yang Kurang di Paddock Repsol Honda, Kemana Alberto Puig ?

“Alberto Puig absen akhir pekan ini karena ada masalah kesehatan,” bunyi pengumuman dari HRC

Kondisi kesehatan Alberto Puig memburuk setelah mengalami kecelakaan dengan kecepatan 272 km/jam di GP Le Mans pada Juli 1995. Saat itu, ketika dia menabrak pagar pengaman pada akhir garis start-finish, tak hanya rusak parah, kaki kirinya itu hancur total. Bahkan ada kemungkinan akan diamputasi. Saat itu, Puig berada di urutan ketiga di tim Sito Pons Ducados-Honda dengan menunggangi NSR500. Dia juga memenangkan GP Jerez beberapa minggu sebelumnya.

Puig sangat tangguh. Dia terus melanjutkan karirnya, meskipun mengalami gangguan yang parah. Hebatnya, setelah kejadian itu dia berhasil naik podium lagi di GP Le Castellet. “Hanya ada dua tikungan tersisa , jadi saya bisa memanfaatkan peluang saya,” katanya waktu itu. Namun usai GP Australia 1997, Puig dengan berat hati harus memutuskan untuk pensiun, di usianya yang ke-30.

Pembalap asal Spanyol itu tidak pernah suka memperlihatkan kekurangannya. Dia selalu membungkus kaki kirinya dengan celana panjang setelah kecelakaan itu. Puig pernah bilang, “Gila, kakiku kayak kaki sapi.”

Alberto Puig menghabiskan 11 tahun sebagai pembalap. Dia jarang berbicara tentang masa sulit setelah insiden di Le Mans itu. Tetapi ketika dia membicarakannya, dia menemukan kata-kata yang pantas. “Saat saya crash, saraf di kaki saya rusak, lutut dan kaki remuk, saya kehilangan semua otot dan tulang terinfeksi,” kata Alberto.

Beberapa waktu kemudian, Puig harus memutuskan untuk melakukan transplantasi tulang. Dia juga mengungkapkan, bahwa pada dokter memasukkan tulang hewan di kakinya. “Tulangnya berasal dari sapi. Ini gila! Saya sudah menjalani dua kali operasi. Saya kemudian menyadari, bahwa saya tidak bisa lagi bersaing sebagai pembalap. Karena kaki kiri bekerja seperti tongkat,” ungkapnya.

Puig suka mendeskripsikan sifat seorang pembalap. “Sebagai pembalap, terkadang kami harus bertindak seperti orang bodoh. Saya hanya perlu membalap. Tetapi jika saya cacat fisik, saya tidak akan dapat mencapai catatan waktu. Itu sebabnya saya frustasi. Namun, karakter saya tidak memungkinkan saya untuk mengungkapkan perasaan saya. Suatu saat saya harus mengakhiri karir saya. Tetapi jelas bagi saya, ‘Saya tidak akan meninggalkan dunia yang kompetitif ini’.”

Filosofi Puig: ‘Fight and Flay’

Selama hampir 25 tahun, Alberto Puig selalu menekankan kepada anak didiknya bahwa kesuksesan dalam balap motor tidak akan dicapai dengan mudah. Hal ini pernah dia katakan kepada pembalap muda seperti Pedrosa dan Stoner. “Balap motor adalah olahraga yang brutal.”

Perlakuan kasar Alberto Puig jelas tidak menyenangkan semua pembalap muda. Pada usia 15 tahun, Stefan Bradl adalah anggota Akademi MotoGP Red Bull di Barcelona yang ​​dipimpin oleh Puig. Akademi ini terkenal sangat ketat, ada latihan militer, tidak ada kunjungan dari orang tua, tidak ada ponsel, dan tidak ada internet.

Namun setelah 3 minggu, Stefan Bradl kabur dari sana. Rider lain seperti Redding, Smith, Nakagami dan Folger bertahan lebih lama. Filosofi Alberto Puig dapat dijabarkan sebagai berikut, ‘Bertarung dan lemparkan, jika kamu ingin menjadi pembalap papan atas’.

Usai karir balapnya tamat, Puig harus beradaptasi sebagai pencari bakat. “Saya harus benar-benar mengubah karakter saya. Orang-orang ini tidak tahu apa-apa. Sementara sebagai pembalap, saya biasa menyimpan semua rahasia untuk diri sendiri. Sekarang saya harus membiarkan berbagi pengetahuan dengan orang lain. Jadi saya bekerja di balik layar, tapi masih mendapat kepuasan pribadi yang luar biasa ketika orang-orang ini menang,” lanjut Puig.

Puig menambahkan, “Saya selalu berusaha untuk menyampaikan keseriusan, semangat dan konsistensi kepada para talenta muda. Dan saya tidak pernah hanya memberi tahu bla-bla-bla, tetapi memberi contoh yang baik.”

Puig merupakan salah satu pengunjung paddock pertama di balapan pagi. Dia datang pukul 6 pagi. Dia juga tetap menjadi pembalap motorcross yang hebat, meski kaki kirinya rusak parah. Dan dia masih mengikuti tur sepeda balap sepanjang 170 km, bahkan pada usia 54 tahun. Dan tidak jarang dia mengayunkan Cannondale ekstra ringannya untuk beberapa lap setelah bekerja di balapan di malam hari pada jam 8.30 malam.

Tapi sekarang Alberto Puig harus santai sebentar. Dokter mengkhawatirkan kondisi kaki kirinya. Penggunaan berlebihan terkadang menyebabkan peradangan. Di Portimao terdengar kabar bahwa, Alberto mungkin juga tidak menerima dua vaksinasi dengan baik. Kemungkinan, hal itu yang menyebabkan komplikasi kesehatannya.

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Aleix Espargaro : Tidak Ada yang Menyangka Pedro Acosta dan KTM Akan Sekuat Itu

RiderTua.com - Aleix Espargaro salah satu dari pembalap senior yang memuji setinggi langit penampilan pembalap baru dari negaranya, Spanyol.. Pedro…

28 Maret 2024

Honda Sulit Kompetitif : Part Baru di Portimao Tidak Banyak Membantu

RiderTua.com - Pekerjaan pengembangan Honda di MotoGP mengalami kesulitan. Seperti di Qatar, pada balapan akhir pekan Portugal, tidak banyak yang…

28 Maret 2024

Hyundai Siap Tingkatkan Produksi Mobil Listriknya di Indonesia

RiderTua.com - Penjualan mobil listrik Hyundai masih cukup bagus di Indonesia meski dengan kondisi pasarnya selama bulan lalu. Tapi setidaknya…

28 Maret 2024

Hyundai Kembali Menguji Palisade Facelift di Jalan

RiderTua.com - Hyundai mungkin memiliki divisi mobil mewahnya sendiri, yaitu Genesis. Tapi bukan berarti mereka hanya mengandalkan divisinya saja di…

28 Maret 2024

Alasan BMW Belum Umumkan Harga i5 di Indonesia

RiderTua.com - BMW telah meluncurkan i5 di Indonesia sebagai model baru untuk menambah lebih banyak line-up mobil ramah lingkungannya. Mobil…

28 Maret 2024

Mobil Baru Mercedes-Benz yang akan Diluncurkan di Indonesia Tahun Ini

RiderTua.com - Mercedes-Benz telah meluncurkan dua mobil baru di Indonesia, yaitu GLA Facelift dan GLE model terbaru. Meskipun begitu, mereka…

28 Maret 2024