MG ZS EV vs Hyundai Kona EV, Siapa yang lebih Unggul?

0
(Mad4Wheels)

RiderTua.com – Beberapa waktu lalu, MG (Morris Garage) resmi mengenalkan ZS EV di Indonesia. Mobil ini adalah versi listrik murni dari model ZS yang sudah dihadirkan setahun sebelumnya. MG ZS EV akan menjadi rival utama bagi Hyundai Kona EV setelah dijual di Tanah Air. Tapi yang jadi pertanyaan, mampukah model MG tersebut bisa menyaingi Kona?

Baca juga: MG Sudah Siap Jualan ZS EV di Indonesia?

MG ZS EV Menjadi Rival Utama Hyundai Kona EV

Kona EV atau Electric sendiri sudah hadir di Indonesia sejak lama, tapi baru dijual ke publik pada akhir tahun 2020 lalu. Mobil ini sudah mencatatkan hasil penjualan yang lumayan bagus, meski masih belum setinggi model konvensionalnya. Tapi itu menjadi ‘batu loncatan’ bagi Hyundai dalam menguatkan dominasinya di segmen mobil listrik Tanah Air.

Dari modelnya, Kona EV dan ZS EV memiliki dimensi yang sedikit berbeda satu sama lain. Dimana ZS EV memiliki dimensi 4.314 mm x 1.809 mm x 1.624 mm, dengan ground clearance 165 mm. Sementara dimensi Kona EV mencapai 4.180 mm x 1.860 mm x 1.555 mm, serta ground clearance 158 mm. Sepertinya ZS EV sedikit lebih besar dan jangkung dari Kona EV.

(Motor1)

Sama-sama SUV

Interior keduanya berbeda pula, dan masih membawa kesan dari model versi bensinnya. Seperti ZS EV, yang memiliki desain kabin serupa model biasanya, tapi kini dengan fitur terbaru seperti tuas transmisi model knob putar dan rem parkir elektrik. Kona EV berbeda lagi, dengan desain kabin yang simpel dan modern, dilengkapi head unit canggih di bagian tengah dasbor.

ZS EV mengandalkan motor listrik permanent magnet synchronous bertenaga 141 hp dan torsi 353 Nm, ditunjang dengan baterai 44,5 kWh. Untuk mobil listrik Hyundai dilengkapi motor listrik dengan jenis serupa yang menghasilkan tenaga dan torsi sebesar 136 ps dan 395 Nm. Baterainya berkapasitas 39,3 kWh yang membuatnya sedikit kurang unggul dari mobil MG.

Soal harga, Kona EV dibanderol paling murah Rp 697 juta, sedangkan ZS EV masih belum diumumkan harganya karena belum dijual ke publik. Tapi banyak yang memprediksi kalau model ini bakal dibanderol sedikit lebih murah dar Kona EV.

Leave a Reply