Razie Belum Juga Dirilis, Apa Kata Toyota?

0
(Autofun)

RiderTua.com – Hingga kini Toyota dan Daihatsu belum meluncurkan Raize dan Rocky di Indonesia. Padahal insentif pajak yang didapatnya akan segera berakhir pada Mei mendatang, dan setelahnya takkan ada diskon harga lagi. Toyota mengaku masih melakukan berbagai persiapan untuk peluncuran Raize di Tanah Air. Meskipun jadwal rilisnya belum juga diumumkan.

Baca juga: Toyota Indonesia Mulai Kewalahan Urusi Permintaan Konsumen?

Toyota Masih Melakukan Persiapan Peluncuran Raize

Hanya Raize dan Rocky yang belum diluncurkan di Indonesia dan sudah mendapat insentif pajak. Banyak yang khawatir kalau keduanya dirilis disaat-saat terakhir diberlakukannya keringanan PPnBM nol persen tersebut. Terlebih soal polemik apakah keduanya memiliki TKDN diatas 70 persen atau tidak, karena untuk model baru rasanya agak sulit untuk mencapai kriteria tersebut.

Baik Toyota Astra Motor (TAM) maupun Astra Daihatsu Motor (ADM) sama sekali tak memberikan kepastian soal peluncuran kedua mobil terbarunya ini. Meskipun sempat beredar kabar dari tenaga penjual Toyota mengenai jadwal peluncuran Raize yang diadakan pada Mei mendatang. Tapi entah itu benar atau tidak, unitnya baru bisa dikirim ke konsumen sebulan setelahnya.

(Okezone Oto)

Persiapan Panjang

Tapi tetap saja itu sudah terlambat bagi Raize-Rocky, karena saat itu sudah merupakan ‘masa tenggang’ dari insentif pajak mobil 1.500 cc ke bawah. Meskipun dilanda berbagai kekhawatiran yang ada, TAM tetap yakin keduanya tetap mendapatkan insentif tersebut. Meskipun mobil kembar ini harus dirilis pada masa akhir insentif pajak 1.500 cc.

Sebenarnya insentif pajak mobil takkan berakhir hingga Mei, karena aturan ini diberlakukan sampai akhir tahun nanti. Hanya saja skema potongan harganya berbeda untuk masing-masing sesi, seperti 100 persen pada periode ini, 50 persen mulai Juni hingga Agustus, dan 25 persen pada September sampai Desember. Diskon ini juga mempengaruhi harga jual mobil yang bervariasi pada tiap periode.

Meskipun kelihatannya mereka masih santai untuk menyiapkan segalanya demi Raize dan Rocky, tetap saja TAM dan ADM berlomba mengejar ketertinggalannya di segmen small SUV. Pasalnya kini sudah ada dua model yang mengisi segmen tersebut dan mulai mendominasi kelasnya. Seperti Kia Sonet dan Nissan Magnite, yang menjadi incaran konsumen Indonesia saat ini.

Leave a Reply