Toyota GR 86 Resmi Diluncurkan, Beda Dengan BRZ?

0
(Motor1)

RiderTua.com – Setelah sempat tertunda, akhirnya Toyota resmi meluncurkan GR 86 pada bulan ini. Peluncurannya bersamaan dengan model generasi keduanya, termasuk kembarannya, Subaru BRZ. Hanya saja Toyota GR 86 dibuat berbeda dengan Subaru BRZ model saat ini. Toyota sengaja melakukannya demi memenuhi keinginan Akio Toyoda.

Baca juga: Ada Mobil Baru Toyota yang Dirilis Awal April?

Toyota GR 86 Dibuat Berbeda Dengan Subaru BRZ

Tak seperti sebelumnya, 86 kini hadir dengan membawa embel-embel GR (Gazoo Racing), sehingga terlihat jelas perbedaan diantara keduanya. Walau begitu, baik 86 maupun BRZ nampak masih serupa satu sama lain, seperti desain lampu depannya yang begitu mirip. Tapi yang membuatnya beda jelas terlihat pada grille bawahnya.

86 nampak lebih agresif ketimbang kembarannya sendiri yang nampak seperti ‘wajah ceria’. Desain grille semacam ini disebut sebagai ‘functional matrix’, sepertinya membawa desain dari model GR lainnya seperti GR Yaris. Knalpot ganda yang asli menambah kesan sporty pada GR 86 ini.

(Autocar)

Bukan Kembaran Lagi?

Interior GR 86 tak jauh berbeda dengan model BRZ, dengan touchscreen 7 inci yang sudah disesuaikan agar semakin nyaman saat digunakan. Meski berupa sportcar modern, Toyota masih mempertahankan transmisi manual serta rem tangan konvensional pada model ini. Seakan mereka tahu kalau pecinta sportcar-nya masih tak bisa jauh dari transmisi ‘tiga pedal’ tersebut.

Meski berupa mobil sport, Toyota dan Subaru masih tak mau memasangkan turbo pada mesin boxer 2.400 cc dari kedua model tersebut. Walau demikian, pengendalian mobilnya sudah ditingkatkan lebih jauh agar memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik dari model sebelumnya. Ini berkat aluminium yang diberikan di sebagian bagian mobil, sehingga bobotnya lebih ringan.

Memang kesannya bukan model kembar, tapi GR 86 masih mengandalkan paket fitur keselamatan Subaru EyeSight, bukannya Toyota Safety Sense. Sepertinya Toyota mengubah sedikit aspek pada model terbaru 86, sedangkan fiturnya tetap dipertahankan.

Leave a Reply